get app
inews
Aa Read Next : Ini Cara Direktur BPJS Kenalkan Program JKN ke Dunia

Angka Kemiskinan di Jateng Menurun, Wagub Minta Kepala Daerah Makin Giat

Jum'at, 21 Juli 2023 | 14:44 WIB
header img
Wagub Jateng saat memberikan bingkisan pada anak-anak dalam rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan di Magelang.

MAGELANG,iNewsBanjarnegara.id - Upaya penurunan angka kemiskinan di Jawa Tengah telah membuahkan hasil. Bahkan berdasarkan data pada Maret 2023, angka kemiskinan di Jateng tercatat sebanyak 3,79 juta jiwa atau 10,77 persen. dari jumlah tersebut, terdapat penurunan sekitar 0,21 persen jika dibandingkan dengan periode September 2022 yang mencapai 3,86 juta orang atau 10,98 persen.

Melihat data tersebut, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen meminta agar kepala daerah semakin giat bekerja lagi. Menurutnya, upaya penurunan angka kemiskinan dapat dilaksanakan secara maksimal melalui optimalisasi program-program yang telah dicanangkan.

"Lebih dari itu saya ingin lebih konkrit lagi, lebih matang lagi. Kita upayakan bukan hanya intervensi yang menurunkan angka kemiskinan tapi pemberdayaan (masyarakat) yang itu menjadi salah satu program kita. Saya minta juga kepada wabup yang hadir, tolong sampaikan untuk gotong royongnya," kata Taj Yasin saat memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Jateng Tahun 2023 di Aula Panti Pelayanan Sosial anak Kumuda Putera Puteri, Magelang, Kamis (20/07/2023).

Dikatakanya, penanganan kemiskinan sangat bergantung pada validitas data yang ada. Data yang dimiliki pemerintah menentukan arah kebijakan serta bantuan sosial kepada masyarakat. 

Oleh karenanya, ia meminta agar pemutakhiran data perlu terus dilakukan secara berkala. Agar, lanjutnya, program-program yang dilaksanakan bisa tepat sasaran.

"Hari ini saya masih perlu menekankan, bahwa kuatnya kualitas data ini diharapkan mampu menjamin program tepat sasaran. Juga bisa meningkatkan koordinasi yang lebih baik lagi. Sehingga Bappeda kita (Jateng) lebih matang lagi untuk menyediakan anggaran penanggulangan kemiskinan. Ini juga harus bekerja kelompok tiap-tiap OPD," katanya.

Lebih jauh wagub mengimbau masyarakat agar turut berperan dalam upaya pengentasan kemiskinan. Menurutnya, masyarakat dapat mendukung pemerintah dengan mulai membangun pola hidup yang lebih sehat. 

Melalui pola hidup sehat, papar wagub, bisa meminimalisir kebutuhan untuk biaya kesehatan. "Ini yang terus harus kita lakukan, menyadarkan (masyarakat)," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut