get app
inews
Aa Read Next : Jadi Pembina Upacara, Ini Pesan Camat Rakit di SMPN 2

Siapkan Generasi Indonesia Emas, Wagub Minta Siswa Ikut Berkontribusi

Sabtu, 29 Juli 2023 | 17:14 WIB
header img
Wagub Jateng Taj Yasin saat melakukan dialog langsung dengan pelajar di Kabupaten Rembang.

REMBANG,iNewsBanjarnegara.id-Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, mengajak para pelajar untuk ikut terlibat langsung dalam membangun daerah demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Hal ini disampaikan Wakil GUbernur Jateng saat menghadiri puncak Anniversary Rembang FABS ke-VI Forum Anak Beasiswa Rembang serta Hari Jadi ke-282 Kabupaten Rembang, di Pendopo Museum Kartini Rembang, Sabtu (29/07/2023). Kontribusi anak muda sangat diperlukan demi menyongsong Indonesia Emas di tahun 2045 mendatang. 

Menurutnya, saat ini pemerintah terus berupaya memasilitasi pelajar agar dapat menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Rembang telah memberikan beasiswa bagi pelajar berprestasi di kabupaten Rembang. Oleh karenanya, ia meminta agar, para pelajar tekun belajar dan mempersiapkan diri. 

"Di era Indonesia emas tahun 2045 mendatang, kita punya harapan besar. sehingga para pelajar saat ini yang merupakan penerus bangsa harus benar-benar matang. Dan kami ucapkan terima kasih kepada Gus Hanies selaku Wakil Bupati Rembang beserta jajarannya yang telah menyelenggarakan beasiswa terhadap anak-anak untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan menengah maupun jenjang pendidikan tinggi," kata Taj Yasin.

Selain itu, sebagai bentuk dukungan dalam pendidikan, Pemerntah Provinsi juga telah menyiapkan 3 SMK di Kabupaten Rembang, serta 15 SMK Negeri di Jawa Tengah yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota dengan sistem semi boarding shcool. Sekolah-sekolah tersebut disiapkan bagi para pelajar dari keluarga miskin agar tetap mendapatkan kesempatan belajar dan mendapatkan pekerjaan.

Di SMKN Jateng, pemerintah berkolaborasi dengan banyak stakeholder terkait dunia kerja. Dengan demikian, akan semakin banyak anak muda di Jateng yang bekerja, membantu orangtua. Sehingga, diharapkan dapat juga mengurangi angka kemiskinan di Jateng.

"Maka kita pantik dengan membangun SMK Jawa Tengah yang seluruhnya (biaya) ini gratis. Ada di Kabupaten Pati, di Kota Semarang, di Purbalingga. Ternyata minatnya (siswa) banyak. Kalau begitu kita kembangkan. Ada SMK-SMK Jateng yang semi boarding," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Rembang, Mochamad Hanies Cholil Barro’, mengatakan, pemberian beasiswa kepada siswa berprestasi ini merupakan ikhtiar Pemkab Rembang. Dia berharap, nantinya para siswa yang mendapat beasiswa bisa memberikan kontribusi terhadap perkembangan Kabupaten Rembang ke depan.

"Semoga kualitas anak-anak di Rembang tetap terjaga. Sehingga pada saatnya nanti tentu membawa dampak bagi pembangunan di Kabupaten Rembang," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut