get app
inews
Aa Read Next : Kuatkan Zona Integritas, Karutan Banjarnegara Targetkan Rutan Banjarnegara WBK Tahun Ini

Rutan Banjarnegara Pamerkan Kerajinan Karya Warga Binaan

Jum'at, 18 Agustus 2023 | 18:43 WIB
header img
Pameran karya warga binaan Rutan Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Sebagai bentuk apresiasi atas karya para warga binaan, Rumah Tahanan (Rutan) Banjarnegara memamerkan sejumlah kerajinan karya warga binaan sebagai bagian dari kemeriahan HUT RI di Rutan Banjarnegara.

Sejumlah karya dipamerkan di gedung Katotkaca Rutan Banjarnegara, mulai dari taplak kayu, tirai, mainan pesawat kayu, kaligrafi, hingga bidak catur besar juga menjadi bagian dari karya warga binaan yang dipamerkan.

Aneka kerajinan yang apik ini memiliki nilai jual yang tinggi, sejumah produk karya warga binaan ini merupakan hasil dari pelatihan terhadap warga binaan yang dilakukan oleh Rutan Banjarnegara dengan menggandeng sejumlah pihak.

Pelatihan ini diberikan sebagai bekal bagi para warga binaan ssaat mereka kembali ke masyarakat setelah selesai menjalani masa tahanan.

Kepala Rutan Banjarnegara Bima Ganesha Widyadarma mengatakan, meski masih dalam skala kecil, pameran hasil karya warga binaan ini cukup untuk menarik, bahkan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Banjarnegara melihat langsung aneka karya para warga binaan Rutan Banjarnegara.

"Kita sengaja melakukan pameran mini saat ada kunjungan dari pejabat di lingkingan Pemkab Banjarnegara, semua yang dipamerkan ini karya warga binaan sebagai bagian dari pembinaan kemandirian," katanya.

Menurunya, berbagai pelatihan terus diberikan pada warga binaan sebagai bagian dari bekal bagi warga binaan setelah bebas dari Rutan. Kemampuan mereka juga terus ditingkatkan agar nantinya hasil karya warga binaan ini bisa bersaing dengan produk lain sebagai bekal kemandirian.

Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso menyambut baik adanya karya para warga binaan ini, dia juga berharap keterampilan yang didapat selama menjalani masa hukuman bisa menjadi modal dan bekal saat sudah bebas nanti.

"Keterampilan ini diharapkan mampu menjadi bekal bagi warga binaan saat memulai kehidupan baru setelah bebas dari Rutan ini," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut