get app
inews
Aa Read Next : Kantor Pertanahan Banjarnegara Serahkan 76 Sertipikat Tanah Aset Pemkab

Dindukcapil Banjarnegara Kembali Gandeng Kantor Pos

Selasa, 05 September 2023 | 20:45 WIB
header img
Jalinan kerjasama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Banjarnegara bersama dengan kantor pos Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Demi memudahkan layanan pemenuhan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Banjarnegara kembali melakukan kerjasama dengan kantor pos.

Kerjasama ini dilakukan dalam rangka pengantaran dokumen kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Banjarnegara pada pemiliknya. Hal ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang sebelumnya sudah dilakukan pada tahun 2021.

Kepala Dindukcapil Banjarnegara Tien Sumarwati mengatakan, pengiriman dokumen kependudukan melalui kantor pos ini untuk memudahkan dan meningkatkan pelayanan masyarakat terkait administrasi kependudukan seperti e KTP dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Selama ini, pelayanan dan kerjasama yang sudah terjalin berjalan dengan baik dan memberikan kemudahan pada masyarakat serta mengindari padatnya antrean masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan di kantor.

"Hari ini kita kembali melakukan perpanjangan kerjasama dengan kantor pos, khususnya dalam pelayanan sistem Cash On Delivery (COD) e KTP dan Kartu Identitas Anak (KIA). Dengan sistem ini banyak masyarakat yang terbantu, karena dokumen kependudukan langsung dikirimkan ke rumah pemohon maksimal tiga hari," katanya

Menurutnya, layanan COD dua dokumen tersebut dilakukan lantaran kedua dokumen ini harus dicetak di kabupaten sesuai dengan regulasi serta keterbatasan sarana dan prasarana pendukung yang ada di tingkat kecamatan maupun kelurahan.

Dikatakannya, selama ini, pembiayaan layanan antar dokumen kependudukan ini masih ditanggung oleh masyarakat, namun ke depan dirinya berharap agar beban administrasi jasa antar ini bisa dibebankan pada APBD, sehingga masyarakat tidak dipungut biaya antar alias gratis.

"Kami terus berinovasi agar masyarakat semakin mudah dalam mengurus dan mendapatkan dokumen kependudukan. Seperti motto kami, yaitu pelayanan yang membahagiakan masyarakat, cepat tepat dan gratis," katanya.

Plh Sekda Adi Cahyono memberikan apresiasi atas kerja sama yang telah terjalin. Dia berharap sinergitas antara Dindukcapil dan Kantor Pos ini benar-benar memberi manfaat bagi masyarakat dalam mengurus. dokumen kependudukan.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut