get app
inews
Aa Read Next : Lolos CAT, 276 Calon Anggota PPK Pilkada Banjarnegara Ikuti Tes Wawancara

Belajar Pemilu dan Demokrasi, SMAN 1 Wanadadi Hadirkan Anggota KPU

Rabu, 06 September 2023 | 19:18 WIB
header img
Anggota KPU Banjarnegara M Syarif SW saat menjadi pemateri di SMAN 1 Wanadadi. Foto. dok KPU Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Ada yang berbeda di SMAN 1 Wanadadi saat pembelajaran tentang Pemilu dan Demokrasi, pasalnya sekolah tersebut sengaja menghadirkan langsung anggota KPU Banjarnegara sebagai pemateri.

Pembelajaran Pemilu dan Demokrasi dengan menghadirkan narasumber anggota KPU Banjarnegara tentu menjadi pengalaman tersendiri bagi para siswa, pasalnya selama ini mereka hanya mengenal tentang kegiatan pemilihan melalui teori.

Namun, pada kesempatan ini, mereka bisa langsung bertanya tentang seluk beluk pelaksanaan Pemilihan Umum pada anggota KPU Banjarnegara, tak hanya itu prosesi pelaksanaan demokrasi juga menjadi pembelajaran tersendiri bagi para siswa.

M Syarif SW, anggota KPU Banjarnegara yang hadir sebagai pemateri di sekolah tersebut menyampaikan tentang penyelenggaraan Pemilu ditingkat Kabupaten Banjarnegara. Tentu saja, hal ini menambah pengalaman tersendiri bagi ratusan siswa di sekolah tersebut.

Menurutnya, dalam berdemokrasi, ada yang namanya menghormati pendapat orang lain, juga perbedaan pilihan, serta tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.

Apalagi bangsa Indonesia menganut Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Bangsa Indonesia mengutamakan persatuan dan kesatuan. Perbedaan bukan menjadi hambatan tetapi kekayaan dan potensi untuk maju bersama.

"Seperti tema Pemilu Serentak 2024 yakni Pemilu Sarana Integrasi Bangsa. Melalui momentum pemilihan umum maka menjadi sarana bangsa Indonesia menguatkan persatuan atau integrasi, bukan perpecahan atau disintegrasi bangsa. Perbedaan bukan alasan untuk saling membenci tetapi saling menghormati," katanya.

Para siswa menyambut antuasias kegiatan yang diikuti secara hibrid tersebut. Ada empat puluh siswa yang mengikuti secara langsung di kelas dan ratusan siswa lainnya mengikuti secara daring di kelas masing-masing.

Lebih meriah lagi ketika digelar kuis secara online yang bisa diikuti oleh para siswa menggunakan ponsel atau gawai mereka. Kuis seputar kepemiluan dari KPU Kabupaten Banjarnegara tersebut diikuti para siswa dengan antusias. Disesuaikan hadiah berupa suvenir boneka maskot Pemilu Serentak 2024, tumbler cantik dan payung menarik.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut