get app
inews
Aa Read Next : Kantor Pertanahan Banjarnegara Serahkan 76 Sertipikat Tanah Aset Pemkab

Makan Gratis Bareng JBB Sosialisasikan Bank Sampah ke Warga

Jum'at, 08 September 2023 | 19:08 WIB
header img
Kegiatan makan gratis bersama JBB di Desa Petambakan, Kecamatan Madukara, Jumat (8/9/2023)

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Sebagai bentuk kepedulian sesama dan peduli lingkungan, Jumat Barokah Banjarnegara (JBB) menggelar makan gratis bersama warga, selain itu dalam kegiatan tersebut juga dilakukan sosialisasikan tentang bank sampah pada warga.

Makan gratis dan sosialisasi bank sampah dilakukan JBB bersama dengan warga di wilayah Dusun Punal RT 2 RW 1, Desa Petambakan, Kecamatan Madukara Banjarnegara, Jumat (8/9/2023). 

Pembina Yayasan JBB Heni Purwono mengatakan, makan gratis dan sosialisasi bank sampah ini merupakan satu wujud dalam menangani masalah sampah di lingkungan warga, sebab sampah selalu menjadi permasalahan warga.

Untuk itu, dibutuhkan kedisiplinan dan peran serta semua warga, khususnya dalam mengelola sampah, dan bank sampah bisa menjadi satu solusi dalam pengelolaan sampah di lingkungan, sehingga masalah sampah ini dapat berkurang.

"Bank sampah ini relatif mudah, masyarakat hanya menyediakan karung dan memilah sampah yang bisa didaur ulang dan yang tidak, nantinya kalau sudah terkumpul, bisa mengundang pengepul sampah untuk mengambilnya," katanya.

Menurutnya, jika sampah tersebut sudah dipilah dan dipilih, maka hampir semua sampah bisa dikelola dengan baik melalui bank sampah. Sampah plastik dapat dipisahkan dengan sampah lainnya, sebab sampah plastik ini bisa mencemari tanah dan tidak bisa hancur, padahal tanah merupakan sumber air dan penghidupan.

"Untuk itu kita ajak masyarakat untuk mengolah sampah sesuai dengan kelompoknya, bisa dikumpulkan dan bersama bank sampah, nantinya beragam sampah ini dapat diolah," ujarnya.

Ketua RT 2 RW 1 Amar Maruf mengatakan, permasalahan sampah memang selalu ada, sehingga dia berharap masalah bank sampah ini tidak hanya sekadar sosialisasi, tetapi ada tindak lanjut dan terealisasi.

"Nanti kita fasilitasi, warga menyiapkan karung untuk menampung sampah daur ulang. Hasilnya nanti bisa untuk tabungan pribadi atau bisa juga untuk disedekahkan melalui kas RT. Kita memfasilitasi untuk nanti memanggil pengepul sampah datang, kita catat perolehan sampah masing-masing warga dan menyimpan tabungan uangnya," katanya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut