get app
inews
Aa Read Next : Jelang Nataru, Satlantas Polres Banjarnegara Siagakan Tim Quick Respon

Berkunjung ke Dieng, Komisi V DPR RI Lihat Progres Pembangunan Infrastruktur Wisata

Sabtu, 16 September 2023 | 18:09 WIB
header img
Komisi VDPR RI saat melakukan kunjungan kerja ke dataran tinggi Dieng Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Seiring dengan dilakukannya penataan kawasan objek wisata Dieng, Komisi VDPR RI melakukan kunjungan kerja ke Dieng, hal ini dilakukan untuk melihat progres pembangunan infrastruktur wisata kawasan Dieng sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Komisi V DPR RI bersama dengan Ditjen Cipta Karya Kementerian PU PR melakukan tinjauan langsung pada proses pembangunan infrastruktur dan transportasi di kawasan Dieng yang merupakan kawasan strategis nasional.

"Kegiatan ini merupakan satu kegiatan yang masuk dalan KSPN, dimana setelah adanya penataan ini, Dieng menjadi lebih menarik dan semakin banyak wisatawan yang berkunjung," kata ketua rombongan kunjungan kerja Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras.

Anggota Komisi V DPR RI yang melakukan kunjungan ke Dieng diantaranya Harvey Malaihollo, Novita Wijayanti, dan putra daerah Banjarnegara, Lasmi Indaryani, mereka didampingi oleh Pj Bupati Banjarnegara, Camat Batur, Kepala Desa Dieng Kulon dan pegiat wisata Dieng.

Sementara itu PJ.Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto menyambut baik kunjungan kerja dari Komisi V DPR RI, sebab kunjungan dari Komisi V DPR RI ini tentu juga akan berdampak positif dalam ikut memromosikan potensi wisata di Dieng.

Tak hanya itu, Pj bupati juga mengucapkan terimakasih karena pada tahun 2023 ini, Dieng mendapatkan anggaran dari Pemerintah Pusat untuk untuk penataan infrastruktur. Dia sangat berharap dukungan para wakil rakyat di DPR-RI demi terwujudnya Destinasi Wisata Dataran Tinggi Dieng yang lebih tertata.

"Kawasan wisata Dieng memang belum bisa menyaingi Borobudur, tapi akan berusaha mengejar menjadi tujuan wisata favorit di Jawa Tengah," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Komisi V DPR RI juga mendapatkan paparan terkait progres pembangunan infrastruktur di Dieng dari kementerian PU PR.

Saat ini, kawasan Dieng sedang dalam penataan oleh Kementerian PU PR.  Anggaran bersumber dari Dana Alokasi Khusus,  dimana untuk Penataan infrastruktur dan transportasi di Dieng sebesar Rp 101 miliar untuk lima titik kegiatan, yaitu tiga titik di Kabupaten Banjarnegara meliputi Komplek Aswatama,

Komplek Candi Dieng dan Komplek Kawah Sikidang, sebesar Rp 64 miliar untuk penataan di dua titik yang masuk wilayah Kabupaten Wonosobo, yakni Telaga Warna dan Sikunir.  

Dalam sesi diskuso, Novita Wijayanti, anggota komisi V dari Gerindra menambahkan, komisi V selalu berusaha mendengarkan aspirasi rakyat di Jawa Tengah.

"Semoga akan lebih banyak program yang turun untuk kemajuan Jawa Tengah. Baik untuk jalan, air, dan fasilitas lain," katanya.

Adapun Lasmi Indaryani dari Demokrat, optimis akses ke Banjarnegara dan Dieng kedepan akan semakin mudah, melalui Bandara Jenderal Soedirman dan akses yang semakin terbuka dari Pemalang dan Pekalongan.

"Dieng Banjarnegara ini kan letaknya di dalam, jauh dari stasiun kereta, juga jalur nasional. Maka infrastruktur jalan dan sarana tranportasi sangat penting," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut