get app
inews
Aa Read Next : Dorong Warga Sekolah Peduli Lingkungan dengan Adiwiyata

WCD, Siswa dan Guru SMAN 1 Klampok Bersihkan Sekolah Hingga Selokan

Rabu, 27 September 2023 | 16:57 WIB
header img
Siswa SMAN 1 Purwareja Klampok saat melakukan bersih-berih sebagai bagian dari peringatan WCD tahun 2023.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Sejumlah siswa dan guru SMAN 1 Purwareja Klampok melakukan aksi bersih-bersih lingkungan, tak hanya itu mereka membersihkan ruangan, lingkungan, hingga selokan yang ada di sekitar sekolah.

Aksi bersih sampah yang dilakukan keluarga besar SMAN 1 Purwareja Klampok dalam rangka peringatan World Cleanup Day (WCD) tahun 2023. Aksi ini dilakukan sesuai dengan tema WCD tahun ini 'Relawan Bijak Kelola Sampah Menuju Indonesia Bersih'.

Aksi ini menjadi bagian dari 13 juta relawan yang dicangkan dalam WCD tahun ini, dimana secara serentak para relawan ini melakukan aksi bersih-bersih. Hal ini juga menjadi bagian dari upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, termasuk menanamkan kepedulian terhadap siswa.

Kepala SMAN 1 Purwareja Klampok, Linovia Karmelita mengatakan, melalui aksi bersih sampah ini, para siswa diajak untuk menerapkan prilaku hidup bersih, sehat, serta peduli terhadap kebersihan lingkungan, hal ini dimulai dari lingkungan sekolah.

"Ini bagian dari upaya membangun dan membetuk kepedulian para siswa tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Ini sesuai dengan tujuan WCD dalam upaya mengurangi dan menangani masalah sampah di muka bumi ini," katanya.

Menurutnya, dari kegiatan ini, para siswa juga diajak untuk memilah dan memilih sampah, terlebih, SMAN 1 Purwareja Klampok merupakan sekolah adiwiyata, sehingga para siswa juga harus mampu memisahkan sampah organik dan anorganik serta mengelola bank sampah sekolah.

"Siswa juga diajak mengolah sampah organik menjadi pupuk yang dapat dimanfaatkan," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut