get app
inews
Aa Read Next : Lolos CAT, 276 Calon Anggota PPK Pilkada Banjarnegara Ikuti Tes Wawancara

Gaet Pemilih Muda, KPU Banjarnegara Lakukan Sosialisasi Pemilu dengan Game Online

Sabtu, 30 September 2023 | 18:37 WIB
header img
Anggota KPU Banjarnegara M Syarif SW saat melakukan sosialisasi Pemiu di SMK Cokroaminoto Banjarnegara, Sabtu (30/9/2023). Foto. dok KPU Banjarnegara

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjarnegara melakukan terobosan dalam sosialisasi pemilu di kalangan pemilih pemula dan pemilih muda, KPU Banjarnegara mengajak para kalangan pelajar yang merupakan pemilih muda dan pemula pada Pemilu 2024 bermain game online kepemiluan.

Game online kepemiluan ini menjadi satu sarana sosialisasi yang dilakukan KPU Banjarnegara pada pemilih pemula dan pemilih muda. Para pelajar ini diajak memainkan games online kepemiluan saat mereka mengikuti sosialisasi dan pendidikan pemilih yang digelar oleh KPU Banjarnegara.

"Game online kepemiluan ini kami lakukan saat melakukan sosialisasi di kalangan pelajar SMA dan mahasiswa. Games itu berisi materi kepemiluan yang bisa diikuti melalui ponsel atau gadget para siswa dan mahasiswa secara online," ujar anggota KPU Banjarnegara Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, M Syarif SW, di sela kegiatan pendidikan pemilih di SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara.

Terobosan sosialisasi kepemiluan dengan game online ini dilakukan KPU Banjarnegara saat melakukan sosialisasi Pemilu di SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara. Cara ini dinilai lebih ampuh dalam menarik para kalangan pemilih pemula saat mengikuti sosialisasi Pemilu.

"Cara ini lebih menarik minat kalangan pemilih muda," katanya.

Dikatakannya, online yang dimainkan dalam sosialisasi kepemiluan ini ada sekitar 20 pertanyaan, tentunya semua pertanyaan dalam game itu seputar pemilu dan demokrasi yang diinjeksi dalam games tersebut. Setiap jawaban benar ada poinnya. Bila peserta menjawab dengan benar dalam waktu paling cepat atau paling singkat, maka poinnya lebih tinggi.

"Ternyata cara ini lebih membuat para siswa terarik, bahkan suasana sosialisasi serta pendidikan pemilih pemilu menjadi lebih menyenangkan, lebih meriah. Kami juga menyediakan hadiah berupa souvenir cantik bagi peserta peraih poin terbanyak, mulai dari payung, mug, hingga boneka maskot Pemilu 2024," katanya.

Mira, seorang siswa SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara ini mengaku cara sosialisasi yang dilakukan KPU dengan game online ini dinilai lebih menarik, sebab sambil bermain dirinya bisa belajar seputar kepemiluan.

"Ini sangat menarik dan menyenangkan, dari game ini kami mendapatkan pengetahuan dan wawasan kepemiluan yang penting jelang Pemilu 2024," katanya.

Metode sosialisasi tersebut ternyata mampu menarik perhatian para siswa sehingga suasana menyenangkan dan tidak membosankan. Terobosan tersebut dilakukan agar materi pemilu dan demokrasi menjadi hal yang menarik bagi kawula muda sehingga mereka tidak antipolitik atau anti pemilu.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut