get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Pendukung Kades Terpilih Datangi Pendopo Bupati Banjarnegara, 57 Kades Terpilih Terima SK

Pj Bupati: Penanganan Kekeringan Harus Serius

Senin, 16 Oktober 2023 | 19:45 WIB
header img
Distribusi air bersih yang dilakukan oleh RSI Banjarnegara pada sejumlah warga terdampak kekeringan.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Bencana kekeringan akibat musim kemarau tahun ini di Kabupaten Banjarnegara terus meluas, untuk itu Pj Bupati Banjarnegara meminta dinas terkait untuk serius dalam memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.

Demi memastikan distribusi cepat dan tepat, Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto mengajak semua pihak untuk bergotong royong membantu masyarakat yang terdampak kekeringan. Tak hanya itu, tinjauan langsung ke lapangan juga dilakukan pada beberapa desa terdampak kekeringan, demi memastikan proses distribusi air besih tepat sasaran.

Beberapa desa yang ditinjau langsung oleh Pj Bupati Banjarnegara diantaranya Desa Kaliajir, Petir, dan Kalitengah, Kecamatan Purwanegara, tiga desa ini mengalami kekeringan yang paling parah diantara beberapa wilayah lainnya.

Dengan kondisi ini, Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto meminta seluruh jajarannya untuk serius dalam menangani bencana kekeringan, termasuk dengan melayani masyarakat yang terdampak kekeringan dan krisis air bersih.

"Kami prihatin dengan kekeringan seperti ini, makanya saya ke sini ingin tahu secara langsung kondisi di lapangan seperti apa, ternyata cukup parah. Untuk itu, kami meminta seluruh jajaran untuk bahu membahu bergotong royong demi membantu sesama," katanya.

Menurutnya, pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) serius untuk membantu warga yang terdampak dengan mengirimkan bantuan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Pemerintah daerah terus berusaha semaksimal mungkin untuk membantu dan memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat yang terdampak kekeringan, apalagi kami melihat langsung beberapa sumber air di wilayah terdampak ini sudah kering, ini harus ditangani serius, sebab air merupakan kebutuhan bagi masyarakat," ujarnya.

Tak hanya itu, dalam kunjungannya, Pj Bupati Banjarnegara juga memeriksa sejumlah tandon air yang digunakan untuk menampung bantuan air bersih dari BPBD. Warga langsung berduyun-duyun mengambil air bersih saat tangki bantuan air bersih datang.

Diperoleh informasi, warga desa di wilayah seralan Banjarnegara ini sudah mengalami kesulitan air bersih sejak empat bulan terakhir, bahkan demi mendapatkan air bersih, mereka rela harus berjalan kaki hingga puluhan kilometer.

"Dulu awalnya kita masih ada sumber mata air di dekat sini, tapi sekarang sudah mengering. Kalau mandi kita harus keluar desa yang ada sumber mata air, sementara untuk kebutuhan air bersih sehari hari kita menunggu droping air yang datang seminggu dua kali," kata Sutini (35) warga Desa Petir, Kecamatan Purwanegara.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara Aris Sudaryanto mengatakan, meluasnya wilayah yang terdampak kekeringan di Banjarnegara ini membuat petugas BPBD sedikit kerepotan dalam distribusi air, beruntung sekarang banyak titik droping yang sudah menyiapkan tandon air bersih, sehingga masyarakat lebih mudah dan droping air juga bisa lebih cepat.

"Awalnya kami kerepotan dalam pendistribusian karena keterbatasan petugas dan banyaknya permintaan air bersih, kalau datang ke satu desa harus mendistribusikan ke beberapa titik berkumpulnya warga sehingga terlalu lama, namun setelah ada tendon air jadi memudahkan petugas karena distribusi air jadi terpusat di satu titik," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut