get app
inews
Aa Read Next : Calon Bupati Banjarnegara Jalur Independen Harus Penuhi Beberapa Persyaratan. Ini Syaratnya

Siap-siap, Popda di Banjarnegara Digelar Usai Lebaran

Rabu, 07 Februari 2024 | 11:43 WIB
header img
Rapat koordinasi KONI Banjarnegara bersama dengan Dinas pendidikan terkait pelaksanaan Popda.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Setelah melalui rapat koordinasi bersama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara, pelaksanaan pekan olahraga pelajar daerah (Popda) tingkat Kabupaten Banjarnegara bakal digelar April 2024 atau setelah lebaran.

Sedianya, jadwal pelaksanaan Popda tingkat Kabupaten Banjarnegara akan digelar pada 2-9 Maret, namun adanya penambahan kuota untuk jenjang pendidikan SD dan SMP pada ajang Popda tingkat Provinisi membuat panitia kembali merumuskan pelaksanaan Popda tingkat kabupaten yang merupakan ajang seleksi atlet untuk maju ke tingkat provinsi.

Dari hasil rapat koordinasi antara Dinas Pendidikan dengan KONI Banjarnegara disepakati bahwa pelaksanaan Popda tingkat Kabupaten Banjarnegara akan dilaksanakan pada 22 hingga 27 April 2024 atau setelah lebaran.

Perubahan waktu pelaksanaan Popda ini dilakukan setelah adanya tambahan nomor untuk kategori SD dan SMP. Tak hanya itu, perubahan waktu pelaksanaan ini juga tidak lepas dari menambah persiapan bagi atlet di tingkat sekolah.

"Kami sudah menggelar rapat koordinasi bersama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Banjarnegara terkait pelaksanaan Popda ini, dan hasilnya kita sepakat untuk menunda pelaksanaan," kata Sekretaris KONI Banjarnegara Saeful Fadli.

Menurutnya, penundaan ini juga bagian dari upaya agar setiap panitia pelaksanaan dan para pelatih memiliki waktu lebih dalam persiapan, sehingga atlet dan panitia pelaksanaan benar-benar siap dan menghasilkan atlet terbaik untuk mewakili Banjarnegara ditingkat provinsi.

"Untuk Popda tingkat provinsi jenjang SMA sederajat akan dilaksanakan di Kota Semarang pada Juni mendatang, sedangkan untuk jenjang SD dan SMP akan dilaksanakan pada 12 hingga 17 Nopember," ujarnya.

Kepastian pelaksanaan Popda tingkat SD dan SMP ini setelah adanya surat dari Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah No: 426/022/UMP/I/2024 tertanggal 31 Januari 2024 tentang petunjuk teknis Popda tingkat SD dan SMP tingkat Jateng tahun 2024.

Dalam surat disebutkan bahwa ada delapan cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Popda untuk jenjang SD dan SMP, yakni atletik, bulutangkis, karate, renang, panahan, pencak silat, taekwondo dan wushu.

Untuk tingkat SD akan dilaksanakan di Kota Semarang pada 15 hingga 17 Nopember, sedangkan jenjang SMP dilaksanakan pada 12 hingga 14 Nopember 2024.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara Teguh Handoko menilai bahwa adanya perubahan jadwal pelaksanaan ini diharapkan mampu memberikan ruang persiapan yang lebih bagi panitia pelaksana dan atlet, sehingga nantinya akan mendapatkan hasil terbaik.

"Ada waktu persiapan yang lebih panjang, dan para juara dalam Popda ini nantinya akan dipersiapkan untuk mewakili Banjarnegara di ajang yang sama tingkat provinsi," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut