get app
inews
Aa Read Next : Siswa dan Karyawan SMPN 1 Bawang Khatamkan Al Quran Dalam Sehari, Ini Triknya

Bidik Podium di Popda Kabupaten, Kecamatan Kalibening Lakukan TC Selama Ramadan

Jum'at, 15 Maret 2024 | 13:24 WIB
header img
Kecamatan Kalibening sudah mulai menjalani TC atlet Popda selama ramadan sebagai persiapan Popda tingkat kabupaten.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Demi membidik prestasi pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat kabupaten, KKG Kecamatan Kalibening berkolaborasi dengan PASI Banjarnegara melakukan pemusatan latian atau Training center (TC) bagi atlet yang sudah dipersiapkan untuk mengikuti Popda tingkat kabupaten.

Pemusatan latihan dilakukan selama ramadan, pasalnya hanya berselang sepekan setelah lebaran, gelaran Popda tingkat kabupaten sudah digelar, sehingga butuh persiapan khusus demi meraih prestasi.

Pengurus PASI Banjarnegara yang juga guru di SD Plorengan, Kecamatan Kalibening Anton Juniawan mengatakan, sebelum dilakukan pemusatan latihan, KKG Kalibening sudah menggelar Popda tingkat kecamatan sekaligus sebagai ajang seleksi untuk menentukan atlet yang akan mewakili Kecamatan Kalibening di tingkat kabupaten.

"Seleksi ini juga sebagai bagian dari pembinaan awal, untuk itu ada beberapa nomor khusus untuk pelajar SD kelas 1 dan 2, yakni lari 50 meter," katanya.

Menurutnya, untuk para atlet yang dipersiapkan untuk mengikuti Popda tingkat kabupaten dan mulai menjalani TC selama ramadan ini diantaranya nomor lari 60 meter, lempar turbo, lompat jauh, tolak peluru, kanga's escape (modifikasi lari gawang) dan tri lomba.

Lari kanga's escape adalah lari bolak-balik dengan kombinasi lari cepat (sprint) dan lari gawang (hurdles), sedangkan tri lomba adalah nomor lomba baru untuk jenjang SD/MI, pada nomor ini peserta atau siswa harus melakukan 3 nomor lomba, yakni lari 60 meter, lompat jauh, dan tolak peluru.

"Untuk tri lomba ini, nilai dari setiap nomor lomba dikonversikan dalam tabel penilaian dan diakumulasikan untuk menentukan juaranya. Untuk lomba tingkat kecamatan kemarin, juara 1 untuk nomor tri lomba kategori putra diraih oleh Keymas Akbar dari SDN 1 Karanganyar, sedangkan untuk kategori putri yang berhak mewakili Kecamatan Kalibening adalam Qaisa Aninka Rahman dari SDN 1 Plorengan," ujarnya.

Dikatakannya, perasingan Popda atletik tingkat Kdecamatan Kalibening ini berjalan sangat ketat, pasalnya setiap sekolah menurunkan atlet terbaiknya demi menembus tingkat kabupaten. Dan saat ini, para juara sudah dikumpulkan dan mejalani pemusatan latihan demi meraih prestasi di tingkat kabupaten.

"Untuk seleksi atau Popda tingkat kecamatan kemarin ada sekitar 300 siswa lebih, dan mereka sangat luar biasa, kita inginkan yang terbaik, sehingga meski untuk nomor individu bisa langsung ke kabupaten, tetapi kita tetap lakukan seleksi di tingkat kecamatan," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut