get app
inews
Aa Read Next : Keren, Sekolah Di SMK Kesehatan Bhakti Husada Klampok, Lulus Langsung Kuliah Atau Jadi Pengusaha

BPJS Kesehatan Luncurkan 'Jumpa Lebah' Untuk Mudahkan Akses Layanan Peserta JKN

Senin, 12 Februari 2024 | 18:40 WIB
header img
Pelayanan inovasi Jumpa Lebah BPJS Kesehatan Cabang Kebumen. Foto. dok BPJS Kesehatan.

KEBUMEN,iNewsBanjarnegara.id-Demi memudahkan layanan pagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan meluncurkan program Jemput Peserta Lebih Mudah (Jumpa Lebah) sebagai satu sarana memudahkan layanan bagi masyarakat.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kebumen, Dany Saputro mengatakan, Jumpa Lebah merupakan satu inovasi dalam melakukan sosialisasi serta pelayanan administrasi bagi masyarakat di lokasi, sehingga masyarakat akan lebih mudah dan cepat dalam mendapatkan pelayanan administrasi JKN.

"Dengan program ini, petugas kami turun langsung ke lapangan, tujuannya agar pelayanan masyarakat lebih dekat, mudah, dan cepat," katanya.

Menurutnya, Jumpa Lebah ini sudah dilakukan oleh BPJS Kesehatan Kebumen untuk menjangkau masyarakat yang ada di wilayah kerja BPJS Cabang Kebumen, adanya program Jemput Lebah ini juga memberikan kemudahan bagi masyarkaat dalam berbagia pelayanan BPJS Kesehatan, mulai dari pendaftaran peserta, cek status keaktifan, perubahan data peserta, hingga pelayanan administrasi lainya.

"Kita juga melakukan sosialisasi tentang pentingnya agi setiap individu menjadi peserta JKN aktif, termasuk manfaat dari program Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab) yang dapat diakses melalui aplikasi mobile JKN sebagai solusi bagi peserta yang memiliki tunggakan iuran," ujarnya.

Dalam program Rehab ini, masyarakat yang memiliki tunggakan iuran bisa mengusulkan pembayaran tunggakan, sehingga membayar tunggakan dapat dilakukan secara bertahap, tentunya hal ini dapat dilakukan dengan mendaftarkan diri melalui aplikasi mobile JKN.

"Kita memberikan berbagai fasilitas bagi peserta, sehingga masyarakat kaan semakin banyak mendapatkan kemudahan. Cukup dari rumah dan tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan, masyarakat dapat dengan mudah mengakses pelayanan administrasi JKN," ujarnya.

Tak hanya itu, bagi peserta JKN yang hendak mengakses pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan, dapat menggunakan KTP ataupun Kartu Keluarga. Peserta JK yang telah terdaftar dan tidak memiliki kartu, tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk mencetak kartunya.

"Kalau mau berobat, tidak usah bingung cari-cari kartu JKN nya, bisa menunjukan NIK yang ada di KTP," ujarnya.

Program Jumpa Lebah yang diluncurkan BPJS Kesehatan ini sangat dirasakan manfaatkan oleh masyarakat, hal ini diakui oleh Kus Haryati (50) warga Kelurahan Kebumen yang telah merasakan manfaatnya secara langsung dalam mendapatkan informasi terkait BPJS Kesehatan.

"Hari ini tadi saya sudah cek kepesertaan saya dan juga rubah dokter keluarga saya. Saat ini sudah bisa digunakan," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut