get app
inews
Aa Read Next : HBP ke 60 2024, Ini Pesan Karutan Banjarnegara

Pastikan Kesiapan TPS Rutan, Pengawas Lakukan Uji Petik

Selasa, 13 Februari 2024 | 13:49 WIB
header img
TPS Khusus Rutan Banjarnegara saat melakukan uji petik jelang pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Sebagai persiapan akhir jelang pemungutan suara di Rumah Tahanan (Rutan) Banjarnegara, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banjarnegara melakukan uji petik di Rutan Banjarnegara.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bagian dari kesiapan TPS 901 atau TPS khusus Rutan jelang pelaksanaan pemungutan suara pada 14 Februari besok. Uji petik ini menjadi bagian penting sebagai persiapan akhir di TPS Rutan Banjarnegara.

Uji petik dilakukan dengan memanggil lima warga binaan untuk praktik melakukan pencoblosan, dimana masing-masing warga binaan yang sudah memiliki hak suara melakukan simulasi pencoblosan pada surat suara, serta berkas persyaratan yang harus dibawa saat pemungutan suara.

Mendasarpada Peraturan Bawaslu No 1 tahun 2020 khususnya pasal 43 ayat 2 menyebutkan tugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di masing-masing wilayah kerjanya diantaranya melakukan pencegahan dugaan pelanggaran Pemilu, pengawasan tahapan dan pelaksanaan pemungutan suara, dan penghitungan surat suara.

Tak hanya itu, PTPS juga harus ikut melakukan pengawasan pergerakan hasil penghitungan suara, menerima laporan atau temuan dugaan pelanggaran Pemilu, dan melaporkan temuan ke jenjang di atasnya.

PTPS 901 Rutan Banjarnegara Moh Tegar Prabowo juga melakukan pengecekan logistik Pemilu yang sudah sampai di TPS. Hal ini menjadi penting untuk memastikan semua logistik diterima dengan baik dan lengkap.

"Terima Kasih atas kerja sama antara Bawaslu dan Rutan Banjarnegara, sehingga kesiapan penyelenggaran Pemilu di TPS Khusus Rutan Banjarnegaran berjalan dengan baik, sehingga nantinya pelaksanaan bisa berjalan dengan lancar," katanya.

Sementara itu, Kepala Rutan Banjarnegara Bima Ganesha Widyadarma menyambut baik adanya kegiatan uji petik sebagia upaya untuk memastikan kesiapan pelaksanaan pemungutan suara di TPS 901 Rutan Banjarnegara. Tak hanya itu, dia juga berkomitmen untuk tetap menjaga netralitas saat pelaksanaan Pemilu.

"Pada prinsipnya, kami akan menjunjung tinggi netralitas saat pemilihanan nanti. Jangan sungkan untuk menegur kami jika terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan prosedur maupun ketentuan," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut