get app
inews
Aa Read Next : Hasil Pemilu Di Banjarnegara, PDIP Peroleh Suara Terbanyak Disusul PKB Dan Demokrat. Ini Rinciannya

Partisipasi Pemilih Pemilu 2024 Capai 79,9 Persen

Sabtu, 02 Maret 2024 | 18:52 WIB
header img
Para saksi peserta Pemilu Serentak 2024 menerima salinan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten. Foto. dok KPU Banjarnegara

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Jumlah partisipasi masyarakat di Kabupaten Banjarnegara dalam Pemilu serentak yang digelar 14 Februari lalu mengalami peningkatan, bahkan untuk Pemilihan Presiden, jumlah partisiasi pemilih mencapai 79,9 persen.

Ketua KPU Kabupaten Banjarnegara M Syarif SW mengatakan, untuk jumlah partisipasi pemilih di Kabupaten Banjarnegara mengalami peningkatan secara signifikan jika dibandingkan Pemilu lalu, dimana pada Pemilu 2019, jumlah partisipasi masyarakat dalam Pemilu mencapai 76,1 persen.

"Ada peningkatan yang signifikan jika dibandingkan Pemilu sebelumnya, dimana saat Pemilu 2019, jumlah partisipasi masyarakat mencapai 76,1 persen, dan pada Pemilu tahun ini partisipasi masyarakat mencapai 79,8 persen untuk Pemilihan Legislatif dan 79,9 persen untuk Pilpres," katanya.

Menuritnya, meningkatnya partisipasi tersebut tidak lepas dari gencarnya sosialisasi dan pendidikan pemilih yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Banjarnegara selama tahapan Pemilu Serentak 2024.

Selain itu, peranan pemerintah daerah sampai tingkat desa/kelurahan, komunitas, serta peserta Pemilu juga ikut menggencarkan sosialisasi serta pendidikan politik kepada masyarakat.

"Partisipasi masyarakat sebagai penyelenggara juga antusias sekali. Terlihat dari pendaftaran PPK, PPS, pantarlih, hingga KPPS yang sangat tinggi peminatnya. Ini menunjukkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pemilu terus meningkat," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut