get app
inews
Aa Read Next : Kuatkan Zona Integritas, Karutan Banjarnegara Targetkan Rutan Banjarnegara WBK Tahun Ini

Melihat Narapidana Ikuti Pesantren Ramadan di Rutan Banjarnegara

Kamis, 14 Maret 2024 | 16:32 WIB
header img
Pesantren ramadan di Rutan Banjarnegara

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Suasana berbeda di Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Banjarnegara pada Ramadan kali ini, pasanya para narapidana berjajar rapi dengan mengenakan baju koko lengkap dengan kopiah.

Bahkan dengan khidmat, para warga binaan ini duduk secara berkelompok demi mengikuti kegiatan pesantren ramadan yang dilaksanakan di Rutan Banjarnegara. Tak hanya itu, mereka juga mengikuti berbagai kajian keagamaan yang dilaksanakan pihak Rutan bekerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara.

Pesantren ramadan ini sengaja dilakukan sebagai satu wadah dan sarana warga binaan untuk mendapatkan asupan nilai positif dan belajar agama, untuk itu selain kajian keagamaan, juga dilakukan kajian tentang baca tulis al quran, fikih, hingga bahasa arab.

Kepala Rutan Banjarnegara, Bima Ganesha Widyadarma mengatakan, adanya pesantren ramadan di Rutan Banjarnegara sengaja dilakukan untuk memberikan ruang bagi warga binaan untuk mendapatkan kesempatan dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, sehingga ada peningkatan spriritual bagi warga binaan selama ramadan ini.

"Untuk pamateri kita kerjadama dengan Kementerian Agama Banjarnegara, kami juga berharap dari kegiatan ini akan memberikan manfaat, khususnya dalam bidang bimbingan rohani, peningkatan pengetahuan tentang islam, ibadah, dan lainnya," katanya.

Selain itu, dari pesantren ramadan ini diharapkan meningkatkan kesadaran para warga binaan akan pentingnya mendekatkan diri dengan sang pencipta, sehingga ada upaya penyelenggaraan pemasyarakatan yang berorientasi pada perubahan perilaku dan penurunan tingkat risiko residivisme narapidana.

"Artinya, dengan prilaku yang semakin baik, nantinya warga binaan dapat kembali ke masyarakat sebagai individu yang bertakwa, berguna, dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional,"  katanya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara Karsono mengatakan bahwa, pesantren ramadandi Rutan Banjarnegara ini diharapkan mampu menjadi sarana yang efektif bagi narapidana dalam memperbaiki diri dengan memperkuat iman dan islam.

"Ada beberapa kajian yang dilakukan di pesantren ramadan Rutan Banjarnegara ini, mulai belajar baca rulis al quran, tarikh, fiqih, bahasa arab, hingga kajian tentang islam sebagai satu sarana untuk meningkatkan keimanan kita," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut