get app
inews
Aa Read Next : Berbagi Kebahagiaan, Depo Pelita Ajak Anak Yatim Buka Bersama

Siswa dan Karyawan SMPN 1 Bawang Khatamkan Al Quran Dalam Sehari, Ini Triknya

Minggu, 31 Maret 2024 | 13:33 WIB
header img
Sejumah siswa SMPN 1 Bawang saat melakukan tadarus bersama

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Banyak kegiatan dilakukan pihak sekolah selama Ramadan untuk para siswanya, termasuk SMPN 1 Bawang yang melakukan tilawah Al Quran khatam dalam sehari.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan Ramadan di sekolah dan peringatan Nuzulul Quran pada Ramadan tahun ini.

Pembina OSIS SMPN 1 Bawang M. Shofaul Huda mengatakan, metode mengkhatamkan Al Quran dalam satu hari yang dilakukan oleh siswa SMPN 1 Bawang Banjarnegara ini dengan sistem tilawah bersama, dimana setiap siswa mendapatkan bagian untuk membaca al quran secara bersamaan.

"Al quran itu ada 30 juz, dimana setiap juznya terdapat 10 lembar. Kita membagi tiap-tiap bagian untuk dibaca oleh siswa yang dikelompokkan sesuai dengan kelasnya, atau kalau di dunia pesantren ini lebih dikenal dengan istilah Muqodaman," katanya.

Menurutnya, tadarus merupakan satu kegiatan yang bisa mendekatkan diri pada sang pencipta. Untuk itu, memanfaatkan momentum peringatan Nuzulul Quran ini, SMPN 1 Bawang melakukan tadarus bersama sebagai upaya untuk mempertebal dan menimbulkan kecintaan terhadap agamanya.

"Jadi sehari ini, lantunan ayat suci Al Quran terdengar di setiap sudut sekolah, dan ini akan memberikan kesan serta menambah kenikmatan dalam bulan Ramadan," katanya.

Selain tadarus dengan mengkhatamkan Al Quran dalam sehari, juga dilakukan kajian keagamaan di GOR sekolah oleh guru agama SMPN 1 Bawang. Hal ini dilakukan agar para siswa serta keluarga besar SMPN 1 Bawang khususnya yang beragama Islam bisa lebih menikmati dan mempertebal keimanan selama Ramadan ini.

"Ada rasa haru saat semua siswa membaca ayat suci, lantunan ayat suci terdengar di setiap sudut sekolah," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut