get app
inews
Aa Read Next : Masuk Terminal Banjarnegara, Sejumlah Bus Jalani Pemeriksaan

Info Mudik. Infrastruktur Banjarnegara Siap Sambut Pemudik

Rabu, 03 April 2024 | 21:57 WIB
header img
Petugas Dinhub Kabupaten Banjarnegara sedang memantau kondisi lalulintas melalui CCTV, Rabu (3/4/2024)

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id- Secara umum, infrastruktur di Kabupaten Banjarnegara terutama kondisi ruas jalan dan fasilitas pendukung lainnya sudah siap untuk menjadi jalur mudik. Hal tersebut disampaikan Kabid Lalulintas Dishub Kabupaten Banjarnegara, Gatot Suprapto, Rabu (3/4/2024). "Ada beberapa ruas yang dalam kondisi rawan karena faktor alam atau tanah yang labil. Sudah kami pasangi papan peringatan, water barier serta tanda lainnya yang mudah dikenali oleh pengguna jalan," katanya.

Ruas jalan yang rawan karena alam, kata Gatot, yaitu ruas jalan Ratamba-Batur, Gripit-Kalibening, Paweden-Karangkobar, tanjakan Sikelir Wanayasa. Untuk itu, pihaknya menghimbau agar penggunajalan raya terutama pemudik agar selalu waspada dan jika mengantuk untuk istirahat di posko-posko pantauan pemudik.

Menurut Gatot, Dishub Banjarnegara dalam menyambut arus mudik juga mendirikan 5 pos pelayanan mudik yaitu di pertigaan Klampok, terminal Mandiraja, terminal Mrica Bawang, Pasar Kota Banjarnegara, pos alun-alun dan terminal induk kabupaten. Selain posyan tersebut, Dishub juga menyiagakan personel di pos terminal Kalibening, Karangkobar dan Batur. 

Untuk meminimalisir potensi macet, kata Gatot, Dishub rencana akan melakukan rekayasa apill dijalan nasional yakni penambahan waktu lampu hijau dari arah barat sehingga tidak menyebabkan banyak penumpukan kendaraan. "Kami juga sudah berkirim surat ke organda yakni himbauan agar kendaraan sumbu 3 dan angkutan barang diluar sembako tidak melintas jalan raya mulai 5-16 April 2024," katanya. Selain itu, Dishub Kabupaten Banjarnegara juga terus melakukan pemantauan kondisi arus lalulintas melalui 2 kamera pengawas dan tentu dibantu dengan 6 kamera pengawas dari kepolisian. Gatot juga mengatakan, membuka layanan cepat terkait kondisi rambu atau penerangan jalan umu di jalan kabupaten Banjarnegara melalui nomor 0853-2694-7676. "Silahkan laporkan jika ada kendala terkait rambu atau penerangan jalan umum langsung ke nomor tersebut namun harus disertai identitas yang jelas," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut