get app
inews
Aa Read Next : Usai Dilantik, Pj Gubernur Jateng Siap Lanjutkan 'Mboten Korupsi Mboten Ngapusi'

Wagub Lepas Ribuan Pemudik Motor via Jalur Laut

Rabu, 26 April 2023 | 18:20 WIB
header img
Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin saat melepas pemudik dengan menggunakan kapal laut di pelabuhan tanjung Emas Semarang. Foto. dok Taj Yasin.

SEMARANG,iNewsBanjarnegara.id-Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen melepas 1.083 pemudik motor kembali ke Jakarta dengan menggunakan kapal laut melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Para pemudik motor tersebut diangkut menggunakan KM Dobonsolo secara gratis

"Karena perjalanan kapal laut dari Semarang ke Jakarta tidak sebentar, saya titip dijaga kesehatannya. Semoga perjalanan kali ini lancar aman dan selamat sampai tujuan," kata Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin.

Menurutnya, animo pemudik melalui jalur laut terbilang tinggi. Berdasar laporan yang ia dapat, jumlah pemudik motor melalui pelabuhan Tanjung Emas sebanyak 1.083 orang pada tanggal 25 April dan pada tanggal 28 April diperkirakan sebanyak 2.441 penumpang.

"Banyaknya pemudik yang menggunakan jalur laut ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan dan terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat padatnya arus kendaraan di jalur darat," ujarnya.

Sebelum dilakukan pelepasan, Wagusb juga sempat melakukan pengecekan kesiapan petugas serta penumpang. Ia menyempatkan diri menaiki kapal dan berbincang dengan beberapa penumpang.

Sementara itu, Kepala KSOP Tanjung Emas Semarang, Herwanto, mengatakan, fasilitas mudik gratis ini diselenggarakan untuk membantu menekan angka kemacetan saat mudik maupun arus balik.

"Kegiatan mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut ini adalah sebagai upaya untuk mengalihkan kepadatan pemudik dengan sepeda motor. Pemudik sepeda motor ini sangat rawan terjadi kecelakaan lalu lintas," kata Herwanto.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut