get app
inews
Aa Read Next : Ekstra Fooding Bagi Warga Binaan di Rutan Banjarnegara Selama Ramadan, Ini Alasannya

Ramadan Berkah, Warga Binaan Rutan Banjarnegara Berkesempatan Bukber Bareng Keluarga

Jum'at, 05 April 2024 | 13:04 WIB
header img
Warga binaan Rutan Banjarnegara saat menjalani buka bersama keluarga.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Ramadan penuh berkah, hal inilah yang dirasakan oleh warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Banjarnegara, pasalnya pada bulan Ramadan ini, mereka berkesempatan melakukan buka bersama dengan keluarga dengan menu makanan yang dibawa oleh pihak keluarga.

Kesempatan ini tentu menjadi satu kebahagiaan serta momentum yang sangat langka, terlebih, selain bisa bertemu keluarga langsung, mereka bisa berbuka puasa bersama keluarga dengan menu masakan rumah yang sengaja dibawa pihak keluarga.

Kepala Rutan Banjarnegara Bima Ganesha Widyadarma mengatakan, momentum buka puasa bersama keluarga ini menjadi hal yang sangat berharga bagi para warga binaan, sehingga mereka benar-benar memanfaatkan kesempatan ini, namun semua itu diberikan pada warga binaan yang taat dan patuh terhadap aturan yang ada.

"Setidaknya dengan bertemu keluarga dan buka puasa bersama ini bisa menambah semangat dan motivasi bagi warga binaan untuk menjadi lebih baik lagi dengan tetap mematuhi segala aturan selama menjalani masa tahanan," katanya.

Menurutnya, buka bersama keluarga ini juga tentu memberikan semangat warga binaan dalam menjalani sisa masa hukuman, apalagi mereka yang ikut buka bersama dengan keluarga ini merupakan para warga binaan yang telah bersama-sama menjaga ketertiban dan taat terhadap tata tertib Rutan Banjarnegara.

"Ini bagian dari reward bagi mereka yang taat dengan aturan dan tata tertib serta bisa bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban Rutan. Dan ini semua gratis, tidak ada pungutan biaya bagi keluarga maupun warga binaan," ujarnya.

Meski begitu, prosedur sebelum kegiatan buka bersama tetap dilakukan, mulai dari pemeriksaan keluarga yang berkunjung, pemeriksaan makanan yang dibawa, hingga pemberian tanda pengenal bagi keluarga.

Momentum kebersamaan dan kesempatan buka puasa bersama keluarga ini tentu menjadi hal yang dinantikan oleh warga binaan. "Ini sangat membahagiakan bagi kami yang masih menjalani masa hukuman, sebab berkumpul bersama keluarga merupakan hal yang selalu kami rindukan. Tentu saja keberadaan saya di Rutan ini menjadi satu pembelajaran yang sangat berharga agar ke depan saya menjadi lebih baik lagi," ujar ED warga binaan Rutan Banjarnegara.

Menurutnya, momentum seperti ini menjadikan para warga binaan semakin sadar akan rasa rindu pada keluarga. Ramadan ini para warga binaan benar-benar merasakan berkah, selain pelayanan, mereka juga mendapatkan kesempatan berkumpul bersama keluarga saat berbuka puasa.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut