get app
inews
Aa Read Next : Ini Pesan Kadivpas Saat Berkunjung ke Rutan Banjarnegara

Rutan Banjarnegara Kurbankan 5 Ekor Kambing

Selasa, 18 Juni 2024 | 12:51 WIB
header img
Rutan Banjarnegara saat memotong hewan kurban di hari daya idul adha tahun 2024

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Meski dilakukan dengan sederhana, nuansa har raya Idul Adha di Rumah Tahanan (Rutan) Banjarnegara tetap berjalan dengan khidmat, tak hanya dnegan gema takbir dan salat ied, Rutan Banjarnegara juga memotong 5 kambing sebagai hewan kurban.

Kepala Rutan Kelas IIB Banjarnegara, Bima Ganesha Widyadama mengatakan, seperti biasa pada malam hari raya, para warga binaan bersama dengan petugas mengumandangkan takbir di masjid Attaubah, kegiatan ini juga menjadi bagian dari pembinaan dan pemberian hak bagi warga binaan dalam melaksanakan kegiatan keagamaan.

Tak hanya itu, momentum idul adha ini hendaknya menjadi satu momentum umat muslim untuk dapat menauladani kesabaran dan ketaatan nabi Ibrahim yang dengan ikhlas dan tulus menjalankan perintah Allah, meski harus mengorbankan anaknya.

"Ada pesan yang sangat besar dari peringatan hari raya kurban ini, ada pengorbanan, kesabaran, dan keikhlasan dalam menghadapi ujian hidup. Dan idul adha ini mengajarkan kita tentang makna pengorbanan yang sebenarnya. Seperti Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan putranya, kita pun harus siap berkorban demi kebaikan dan ketakwaan kepada Allah SWT," katanya. 

Dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban, Rutan Banjarnegara dilakukan oleh warga binaan bersama dengan petugas Rutan Banjarnegara, tak haya untuk warga binaan, daging hewan kurban ini juga dibagikan pada masyarakat yang membutuhkan.

"Untuk tahun ini, Rutan Banjarnegara bisa melaksanakan kurban 5 ekor kambing yang berasal dari Pj bupati, pegawai Rutan Banjarnegara, PLBH, serta dua ekor dari masyarakat Banjarnegara yang ingin berkurban di Rutan Banjarnegara," katanya.

Dikatakanya, daging kurban yang diperuntukkan bagi warga binaan ini nantinya akan menjadi lauk tambahan diluar menu lauk harian, dan ini akan menjadi menu spesial karena diolah secara khusus demi memberikan cita rasa yang khas sebagai menu spesial hari raya idul adha.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut