Karnaval Kemerdekaan, SMPN 1 Purwareja Klampok Tampilkan Joget Baladewa

GH Cahyono
Sejumlah penari Joged Baladewa dari SMPN 1 Purwareja Klampok saat tampil dalam karnaval kemerdekaan.

BANJARNEGARA,banjarnegara.inews.id - Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Kecamatan Purwareja Klampok hadirkan Karnaval Kemerdekaan pada Rabu, (21/8/2024). Saking menariknya, Camat Susanto pun sampai joget Baladewa bareng kontingen dari SMP N 1 Purwareja Klampok. 

Dalam keterangan resmi panitia, Sebanyak 15 kelompok mengikuti karnaval merdeka yang dimeriahkan oleh perwakilan instansi di lingkup Kecamatan. Peserta terlihat mulai berkumpul untuk mengikuti karnaval di Lapangan BLK pukul 07.00 wib dengan mengenakan bermacam motif seragam kebudayaan, pendidikan, olahraga, profesi maupun mengangkat keunikan wilayah di sekitar Purwareja-Klampok. 

Ada yang unik saat kontingen SMP N 1 Purwareja Klampok sampai di depan panggung kehormatan untuk tampil di depan dewan penilai. Orang nomor satu Purwareja Klampok, Camat Susanto turun dari mimbar kehormatan lantas mengikuti tarian baladewa. Camat tak menari sendirian, ia ditemani oleh Kapolsek serta Danramil menikmati joget Baladewa. 

Kasubag Umum Kepegawaian sekaligus sekertaris Panitia Karnaval Bakhtiar Hermawan, mengatakan, terselenggaranya Karnaval ini merupakan sarana untuk membangun rasa nasionalisme di suasana Agustusan seperti ini. Selain itu, menurutnya, animo warga dalam memeriahkan kegiatan semacam ini sangat tinggi. Hal itu mengingat beberapa tahun belakangan Karnaval sempat rehat selama Pandemi Covid-19.

" Antusias warga baik dari Dinas, Instansi Desa dan warga terlihat sangat tinggi, mengingat beberapa tahun terakhir memang sempat libur akibat terkendala Covid-19. Hari ini sejak dari jaman covid baru dilaksanakan kembali. Sangat menggembirakan bagi kami karena acara ini menyatukan elemen kemasyarakatan, " kata Bakhtiar

Bakhtiar menyebutkan, Rute start kegiatan mulai Lapangan BLK Ke selatan, pertigaan pertama belok kiri (ke timur) ke Sidamulya. Sampai perempatan dalam belok kanan (ke selatan) lurus Menuju ke pertigaan barat balai Desa Kalilandak belok kiri kearah timur lewat depan balai Desa Kalilandak hingga finish kembali ke Lapangan BLK. 

Anggun, pengunjung karnaval mengatakan sangat menikmati sajian karnaval kemerdekaan tahun ini. " Banyak perserta memakai pakaian bagus bervariasi dan sangat menghibur penonton apalagi yel-yel tim menambah semangat peserta maupun penonton yang melihat," ungkapnya.

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network