DCF 2024: 13 Anak Bajang Ikuti Prosesi Cukur Rambut Gimbal di Komplek Candi Dieng

GH Cahyono
Seorang anak bajang sedang menjalani prosesi cukur rambut gimbal oleh Kapolres Banjarnegara disaksikan Tetua Adat Diengkulon, Sabtu (24/8/2024)

BANJARNEGARA,banjarnegara.inews.id -  Sebanyak 13 bocah berambut gimbal atau anak bajang ikuti prosesi potong rambut gimbal. Proses pemotongan rambut gimbal anak bajang dilaksanakan di komplek Candi Arjuna Diengkulon Banjarnegara, Sabtu (24/8/2024).

Anak bajang tersebut menjalani ritual cukur gimbal setelah permintaannya dikabulkan. Satu per satu anak bajang dicukur dengan menghadirkan keinginan si anak atau yang disebut dengan bebono. 

Sebelum menjalani prosesi pencukuran, bocah berambut gimbal atau anak bajang diarak dengan menggunakan dokar menuju lokasi pencukuran. Mereka terlebih dahulu mengikuti prosesi jamasan atau mensucikan diri dengan dicipratkan air yang berasal dari berbagai sumber mata air yang ada di wilayah dataran tinggi Dieng.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, Tursiman, menjelaskan bahwa ritual ini merupakan tradisi masyarakat di Dataran Tinggi Dieng. Menurut Tursiman, fenomena anak-anak berambut gimbal ini adalah sesuatu yang khas di Dataran Tinggi Dieng. Mungkin masih dianggap aneh bagi masyarakat lain. Namun, di sini dianggap sebagai anugrah. " Menurut keyakinan masyarakat setempat, rambut gimbal ini hanya bisa hilang jika melalui prosesi ritual oleh tetua adat," katanya.

Yang dipercaya, kata Tursiman, untuk membuat rambut mereka normal kembali, harus dilakukan ritual pencukuran dengan diawali dengan penjamasan. "Jika permintaan anak-anak tidak dipenuhi, rambut gimbal mereka bisa tumbuh lagi," katanya. Pada DCF yang ke-14 ini, banyak anak yang ingin mengikuti prosesi tersebut, namun panitia membatasi hanya 13 anak yang bisa ikut serta.

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network