get app
inews
Aa Read Next : Putri Bupati Banjarnegara ke 16 Maju Pilkada Banjarnegara 2024, Ini Profilnya

Otak Pria Berubah Drastis Saat Menjadi Seorang Ayah

Senin, 05 Desember 2022 | 10:52 WIB
header img
Menjadi seorang ayah ternyata bukan hanya membawa perubahan pada tanggung jawab terhadap keluarga saja, namun ada hal lain yang tak kalah penting. (Foto: Facesoman)

JAKARTA, iNewsBanjarnegara.id - Menjadi seorang ayah ternyata bukan hanya membawa perubahan pada tanggung jawab terhadap keluarga saja, namun ada hal lain yang tak kalah penting.

Menjadi seorang ayah menyebabkan terjadi perubahan otak pada seorang pria.

Jadi perubahan otak bukan saja dialami seorang wanita saat melahirkan dan membesarkan seorang anak.

Sebelumnya para peneliti ahli saraf pernah menyebutkan wanita akan mengalami perubahan otak saat hamil. Perubahan itu terjadi karena secara alami wanita berupaya untuk memberikan perhatian lebih pada anak yang dikandung. Begitu juga saat anak tersebut dilahirkan. 

Hanya saja wanita bukan satu-satunya orang yang mengalami perubahan otak begitu jadi orang tua. Peneliti Magdalena Martinez-Garcia dari Instituo de Investigacion Sanitaria Gregorio Maranon, Spanyol justru menyebutkan pria juga mengalami perubahan otak begitu menjadi seorang ayah. 

Hal itu didasarkan pada pemindaian MRI otak dua kelompok pria yang dijadikan penelitian. Dalam penelitian itu dipindai otak 40 orang pria sebelum dan sesudah memiliki anak. 

Sebanyak 20 orang pria ada di Spanyol dan 20 orang pria lainnya di Amerika Serikat. Selain pria yang telah memiliki anak juga diteliti 17 laki-laki yang memilih tidak memiliki anak meski ada dalam status pernikahan. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut