get app
inews
Aa Read Next : Kantor Pertanahan Banjarnegara Serahkan 76 Sertipikat Tanah Aset Pemkab

Sungai Meluap, Jembatan Penghubung Sumberejo-Dieng Terancam

Selasa, 06 Desember 2022 | 19:18 WIB
header img
Sejumlah warga melintas menutup dan mengatur akses lalu lintas setelah kondisi jembatan penguhubung Desa Sumberejo-Pasruenan ambrol terbawa arus sungai pada Selasa (6/12/2022). Foto. iNewsBanjarnegara

BATUR, iNewsBanjarnegara.id - Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Banjarnegara pada Selasa (6/12/2022) siang menyebabkan sungai yang ada di Desa Sumberejo, Kecamatan Batur meluap. Tak hanya itu, luapan air sungai tersebut juga menghanyutkan gorong penahan jembatan yang menghubungkan akses jalan warga Desa Sumberejo-Pasurenan-Dieng terhambat.

Hanyutnya gorong jembatan tersebut juga mengancam akses jalur wisatawan menuju dataran tinggi Dieng dari arah barat. Untuk itu, warga bersama dengan sejumlah relawan melakukan pembatasan hingga pengalihan jalur wisata.

Direpoleh informasi, kejadian tersebut bermula saat wilayah Kecamatan Batur diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak siang hari, sekitar pukul 15.00 WIB, sungai yang ada di wilayah tersebut meluap hingga menghanyutkan gorong-gorong jembatan. Akibatnya, kondisi jembatan semakin rapuh dan rawan bagi pengguna jalan.

Camat Batur Aji Piluroso mengatakan, meski masih bisa dilalui, kondisi jembatan ini sangat rapuh dan membahayakan pengguna jalan, sehingga sejumlah warga bersama dengan para relawan melakukan penutupan akses jalan.

"Kondisinya sangat rawan setelah gorong penahan jembatan terbawa arus, dan saat ini akses wisata terpaksa dialihkan ke ruas jalan alternatif yang ada di sekitar lokasi," katanya.

Untuk sementara, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten dan provinsi, rencananya, untuk menagan badan jembatan akan dipasang kembali bod sebagai penahan badan jembatan agar tidak sampai putus dan terbawa arus.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut