Logo Network
Network

Laga Indonesia vs Vietnam di Semifinal AFF 2022, Adu Taktik Juru Racik Asal Korsel

Redaksi
.
Kamis, 05 Januari 2023 | 22:32 WIB
Laga Indonesia vs Vietnam di Semifinal AFF 2022, Adu Taktik Juru Racik Asal Korsel
Fakta Shin Tae-yong Siap Tinggalkan Timnas, Ini Kata Asisten Nova Arianto

JAKARTA,iNewsBanjarnegara.id-Babak semifinal Piala AFF tahun 2022 leg 1 yang mempertemukan Indonesia vs Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jumat (6/1/2023) akan berlangsung seru.

Selain perseteruan musuh bebuyutan antara dua negara di bidang sepak bola, laga ini juga menjadi ajang pembuktian adu taktik juru racik asal Korea Selatan (Korsel). Tak hanya itu, laga ini juga ini menjadi ajang pembuktian juru racik senior vs junior.

Duo Korea Selatan beda generasi yakni Park Hang-seo yang menukangi timnas Vietnam dan Shin Tae-yong (STY) di timnas Indonesia sudah menjalin rivalitas sejak keduanya menangani tim nasional masing-masing.

Park sudah memberikan gelar bagi Vietnam di ajang AFF, sementara STY mampu merubah kekuatan timnas Garuda terbang tinggi, bahkan STY juga berhasil mengukir sejarah dengan meloloskan timnas Indonesia di ajang Piala Asia 2023 setelah absen selama 15 tahun.

Kini keduanya dipertemukan dalam partai krusial untuk memperebutkan tiket final Piala AFF 2022. Park dan STY sudah dikenal sebagai seteru sejak keduanya masih berkarier di Liga Korea Selatan. Sejak menangani klub Korea Selatan, Seongnam FC, STY sudah beberapa kali mengadapi anak asuh Park Hang-seo. 

Adu taktik juru racik dua Korsel ini kembali terjadi di Asia Tenggara, kedua juru racik ini harus saling berhadapan di semifinal Piala AFF 2022 di SUGBK mulai pukul 16.30 WIB. Tak ayal, rivalitas ini sudah terjadi sebelum pertandingan dimulai, keduanya sudah melempar perang urat syaraf

Shin Tae-yong enggan mengapresiasi rekor pertahanan Timnas Vietnam selama Piala AFF 2022. Bagi Shin Tae-yong, lawan-lawan yang dihadapi Vietnam di Piala AFF 2022 terlalu lemah. 

"Menurut saya itu karena lawan Vietnam lemah. Mereka (tim lawan) tidak bisa cetak gol, memang tergantung situasi. Itu beda-beda pandangannya," kata Shin Tae-yong kepada awak media.

Tak mau kalah, juru racik Vietnam Park Hang-seo juga percaya diri sangat percara diri saat anak asuhnya menghadapi Witan Sulaeman dkk di SUGBK Jumat besok, bukan tanpa alasan, Park mengaku anak asuhnya belum pernah kalah dari Indonesia.

"Sejak saya menangani Vietnam, Indonesia belum pernah bisa mengalahkan kami. Sebelum pelatih Shin Tae Yong datang, Vietnam juga mengalahkan Indonesia di kualifikasi Piala Dunia," katanya.

Prakiraan Starting XI :

Indonesia (3-4-3)Nadeo Argawinata, Jordi Amat, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Marc Klok, Rachmat Irianto, Witan Sulaeman, Dendy Sulistyawan, Egy Maulana Vikri 
Pelatih: Shin Tae-yong 

Vietnam Starting XI (5-3-2)
Dan Vang Lam; Doan Van Hau, Nguyen Thanh Chung, Bui Hoang Viet Anh, Do Duy Manh, Ho Tan Tai, Do Hung Dung, Nguyen Hoang Hai, Nguyen Van Quyet, Nguyen Tien Linh, Pham Tuan Hai 
Pelatih: Park Hang-seo 

Head to Head 
15/12/2021: Indonesia 0-0 Vietnam (Piala AFF 2020) 
7/6/2021: Vietnam 4-0 Indonesia (Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia) 
15/10/2019: Indonesia 1-3 Vietnam (Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia) 
7/12/2016: Vietnam 2-2 Indonesia (Piala AFF 2016) 

Editor : Adel
Bagikan Artikel Ini