get app
inews
Aa
Read Next : Mantap, Kiper Timnas Putri Asal Banjarnegara Bermain di Liga Arab

Indonesia Tantang Juara Grup B di Semifinal Piala AFF 2022

Senin, 02 Januari 2023 | 22:26 WIB
header img
Timnas Indonesia sukses mencuri poin penuh dari laga perdana grup A Piala AFF 2022 melawan Kamboja di SUGBK. Foto. dok PSSI

MANILA,iNewsBanjarnegara.id-Tim Nasional Indonesia berhasil menaklukkan Filipina 2-1 di kandang sendiri di Stadion Rizal Memorial Filipina, Senin (2/1). Laga ini sekaligus memastikan Timnas Garuda finish di posisi kedua klasemen akhir grup A Piala AFF 2022.

Kemenangan ini membuat Indonesia mengemas 10 poin di bawah Thailand yang juga sama-sama mengemas 10 pion, hanya saja Indonesia kalah dalam produktifitas gol dengan sang puncak klasemen akhir grup A, sehingga Egy dkk harus puas sebagai runner up.

Dengan hasil ini, anak asuh Shin Tae-yong (STY) bersiap untuk menantang juara grup B yang akan ditentukan pada Selasa (3/1/2023). Besar kemungkinan skuat Garuda akan menghadapi Vietnam yang saat ini kokoh di puncak klasemen grup B yang sudah mengemas 7 poin di atas Singapura yang juga mengemas 7 poin.

Vietnam akan menghadapi Myanmar yang sudah dipastikan tersingkir, sementara Singapura harus melawan Malaysia di laga pamungkas untuk menentukan siapa yang akan mendampingi Vietman di babaksemi final.

Malaysia dan Singapura sama-sama bisa lolos atau bahkan memuncaki klasemen akhir grup B jika Vietnam yang sudah dipastikan lolos hanya bermain imbang atau bahkan kalah dalam laga terahir grup B melawan Myanmar.

Jika Vietnam mampu memenangkan laga terakhir, maka The Golden Stars akan menghadapi Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada 6 Januari 2023 besok. Anak asuh Park Hang-seo harus melakukan laga tandang melawan skuat Garuda di lage pertama. Sementara sang runner up grup B dipastikan menjamu juara grup A Thailand.

Dalam laga terakhir grup A, skuat merah putih sebenarnya memiliki peluang untuk menggusur Thailand dari puncak klasemen, sayang banyak peluang yang terbuang sia-sia dan hanya mampu menyarangkan dua gol, sehingga Indonesia harus puas di posisi runner up klasemen akhir grup A. 

Sementara, pada pertandingan lain Grup A Thailand menang 3-1 atas Kamboja. Dengan demikian, Thailand lolos ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai juara Grup A. Thailand dan Indonesia sama-sama mengumpulkan 10 poin dari empat pertandingan. Namun, Thailand unggul selisih gol atas Indonesia.

Laga Filipina vs Indonesia berjalan cukup ketat, aksi jual beli serangan terjadi sejak menit awal pertandingan. Saddil Ramdani membuka peluang Garuda setelah melakukan gerakan penusukan dari sisi kanan, sayang tembakan dari sisi sempit masih bisa ditepis kiper Filipina.

Sementara tim lawan juga terus melakukan tekanan, meski sudah dipastikan tersingkir dari babak semi final, Filipina terus melakukan tekanan dengan memanfaatkan kesulitan Witan Sulaeman saat bermain di lapangan dengan rumput sintetis.

Dendy Sulistyawan membuka keunggulan Indonesia di menit ke-21. Dendy mampu memanfaatkan lemparan ke dalam yang dilakukan Pratama Arhan. Kedudukan 1-0 untuk Indonesia. Dendy kembali mendapatkan peluang di menit ek 37, sayang sepakan kaki kirinya masih melambung di atas mistar gawang Filipina.

Peluang demi peluang berhasil diciptakan, baik oleh Saddil, Fachrudin, hingga Dendy, hanya saja peluang tersebut gagal dikonfersi sebagai gol, Indonesia baru bisa menggandakan keunggulan di menit ke 43 melalui kaki Marselino Ferdinan yang melakukan umpan satu dua dengan Saddil Ramdani. Kedudulan 2-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Filipina mencoba melakukan rotasi pemain, hasilnya, pada menit ke 83, pemain pengganti Sebastian Rasmussen sukses membobol gawang Indonesia lewat sundulan usai memanfaatkan umpan silang dari sisi kiri dan mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Hasil tersebut cukup membawa skuat garuda harus puas di posisi runner up grup A dan harus bersiap menghadapi sang pemuncak klasemen akhir grup B pada 6 Januari 2023 besok.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut