Logo Network
Network

Apoteker Harus Edukasi Masyarakat Tentang Obat

Syarif TM
.
Minggu, 15 Januari 2023 | 14:30 WIB
Apoteker Harus Edukasi Masyarakat Tentang Obat
Wagub Jateng dalam pelantikan pengrus IAI Jateng. Foto dok Wagub Jateng.

SEMARANG, iNewsBanjarnegara.id - Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, meminta kepada para apoteker di Jawa Tengah ini ikut memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap obat-obatan. Hal ini disampaikannya dalam pelantikan pengurus Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Jateng 2022-2026 di Hotel Grand Candi Semarang.

Menurutnya, IAI memiliki peran strategis dalam memberikan informasi penggunaan obat-obatan secara tepat. Pasaknya, saat ini masih ada masyarakat yang tidak paham mengenai penggunaan obat serta efek samping yang ditimbulkan.

"Edukasi ini yang kita harapkan dari peran para apoteker. Karena di sini para apoteker ini yang lebih mengetahui kandungan per tablet. Walaupun biasanya sama kandungannya tapi efeknya akan berbeda," katanya. 

Lebih jauh, wagub meminta agar IAI Jateng juga dapat memperketat penjualan obat yang berpotensi disalahgunakan. Menurutnya, IAI Jateng bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat agar obat-obatan yang dikonsumsi benar-benar sesuai dengan kebutuhan kesehatan.

"Ini yang kiga harapkan, kita perketat lagi. Itu juga sekaligus nanti untuk penanggulangan penyalahgunaan obat-obatan yang biasanya untuk kesehatan, akan tetapi ini untuk drugs (narkoba). Ini yang saya harapkan para apoteker untuk memperketat lagi," katanya.

Ketua IAI Jateng, Rosyid Sujono, mengatakan jajarannya akan terus berupaya membangun IAI lebih profesional lagi. Oleh karenanya, dia berharap petunjuk dan arahan dari pemerinrah dan lembaga terkait. 

"Agar kami semua mendapatkan pencerahan sehingga dapat bekerja dan bekerjasama yang lauh lebih baik lagi," katanya.

Editor : Adel
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.