get app
inews
Aa Read Next : Jadi Pembina Upacara, Ini Pesan Camat Rakit di SMPN 2

Bersama Forkompinca, Warga dan Pelajar Batur Pungut Sampah

Jum'at, 17 Februari 2023 | 20:09 WIB
header img
Pelajar dan masyarakat Kecamatan Batur Banjarnegara siap bersihkan sampah dalam Jumat bersoh. Foto. dok Camat Batur

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Kebersihan lingkungan menjadi tanggungjawab bersama, untuk itu jajaran forkompinca Kecamatan Batur bersama dengan masyarakat dan pelajar melakukan aksi bersih lingkungan pada Jumat (17/2/2023).

Aksi bersih-bersih lingkungan pada Jumat bersih ini menjadi satu upaya dari Pemerintah Kecamatan bersama dengan Dinas Indagkop UMKM Banjarnegara serta masyarakat umum dalam merawat dan menjaga alam.

Jumat bersih bertemakan 'Batur Bersih Batur Sejahtera' ini dilakukan serentak bersama kalangan pelajar dan masyarakat umum, secara sukarela, para pelajar dan jajaran ASN serta semua unsur melakukan aksi pungut sampah yang ada di jalanan, pasar, dan tempat wisata.

Camat Batur Aji Piluroso mengatakan, kegitaan pungut sampah dalam Jumat bersih ini merupakan satu aksi nyata dalam menggerakkan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, khususnya dalam menangani masalah sampah.

"Kita mengajak semua masyarakat untuk sadar lingkungan, termasuk kalangan pelajar. Hal ini juga menjadi bagian dari upaya pencegahan banjir di wilayah Kecamatan Batur," katanya.

Aksi Jumat bersih dengan tema 'Batur Bersih Batur Sejahtera' ini juga menjadi bagian dari rangkaian peringatan hari jadi Banjarnegara ke 452 tahun 2023.

Kepala Dinas Indagkop UMKM Kabupaten Banjarnegara Adi Cahyono mengatakan, Kecamatan Batur merupakan pioner dalam aksi bersih sampah menyambut hari jadi Banjarnegara tahun ini.

"Kita patut bangga, aksi bersih sampah yang dilakukan oleh Kecamatan Batur ini adalah yang pertama dalam aksi Banjarnegara bersih menyambut hari jadi tahun 2023," katanya.

Menurutnya, selain jalanan dan lingkungan perkantoran, sekolah, target Jumat berish di Kecamatan Batur ini juga menyasar pasar tradisional yang ada di wilayah tersebut, termasuk melibatkan warga pasar untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Kami mengajak seluruh elemen masyarakat, keterlibatan para pelajar ini juga diharapkan menjadi pioner sekaligus mendorong mereka untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan," katanya.

Dikatakannya, aksi Jumat bersih ini diharapkan menjadi satu spirit baru bagi masyarakat dalam menjaga lingkungannya. Dengan peduli sampah, maka secara tidak langsung ikut menjaga alam, dan menjaga lingkungan.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut