get app
inews
Aa Read Next : Geger Ditodong Senpi Gegara Fee dan THR, Ini Jawaban Ajudan Pj Bupati

Gelar Pameran, Siswa SMPN 3 Klampok Ajak Cintai Lingkungan

Rabu, 22 Maret 2023 | 15:57 WIB
header img
Sejumlah murid SD di wilayah Kecamatan Purwareja Klampok saat mengunjungi pameran di SMPN 3 Klampok Banjarnegara. Foto. dok SMPN 3 Klampok.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Sebagai upaya untuk menanamkan cinta lingkungan, siswa SMPN 3 Purwareja Klampok Banjarnegara menggeral Panen Karya dengan tema lingkungan. Tak hanya itu, kegiatan yang dilakukan di lingkungan sekolah juga melatih para siswa dalam berwirausaha.

Panen Karya yang dilakukan siswa SMPN 3 Klampok ini merupakan bagian dari pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pemilihan tema kearifan lokal dalam Panen Karya ini tidal lepas dari mengajak para siswa untuk mencintai lingkungan dan menerapkan jiwa kewirausahaan

Sutikno, Kepala SMP Negeri 3 Purwareja Klampok mengatakan, kegiatan yang dilakukan para siswa ini merupakan satu upaya dalam memberikan ruang bagi pelajar untuk lebih kreatif dan memiliki jiwa wirausaha.

"Ini merupakan satu upaya sekolah dalam menumbuhkan jiwa wirausaha dan menanamkan cinta lingkungan pada para siswa. Ini terbukti dengan adanya beberapa karya seni siswa dalam pameran yang bertemakan 'Tanamanku Harapanku'. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya aneka jenis budidaya sayuran hasil budidaya siswa dalam pameran ini," katanya.

Selain itu, ada juga para siswa yang melakukan kreasi olahan makanan seperti dawet, es lumut boba, kopi, donat kentang, combro, bakwan, hingga telor asin, yang kemudian dijual di stand masing-masing.

"Kami ingin memberikan motivasi kepada siswa tentang perlunya menjaga lingkungan, dalam hal ini melalui kegiatan pertanian. Karena wilayah Klampok adalah basis pertanian, dan mayoritas orang tua wali adalah petani. Tidak hanya itu, melalui kegiatan ini para siswa juga dibekali tentang kewirausahaan," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Banjarnegara, Teguh Handoko sangat mendukung kegiatan ini. Menurutnya panen karya P5 bermanfaat untuk mendekatkan siswa dengan orang tua, juga mendekatkan sekolah dengan lingkungan.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut