get app
inews
Aa Read Next : Launching SIM Andipa, SMPN 1 Banjarnegara Siap Terapkan Smart School

SMPN 2 Kalibening Sulap Ruang Kelas Jadi Tempat Pameran

Rabu, 15 Maret 2023 | 11:19 WIB
header img
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga saat meninjau pameran karya siswa di SMPN 2 Kalibening Banjarnegara. Foto. dok SMPN 2 Kalibening

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Demi memberikan ruang bagi para siswa dalam mengekspresikan diri, SMPN 2 Kalibening Banjarnegara mengubah ruang kelas sebagai tempat untuk pameran karya siswa.

Kegiatan yang dilangsungkan pada Rabu (15/3/2023) ini memamerkan ratusan karya seni siswa sekolah tersebut, pasalnya selain untuk pengembangan kreativitas siswa, pameran ini juga menjadi bagian dari penilaian akhir sekolah bagi siswa kelas IX. 

Dalam pameran ini, para siswa ini memaerkan beberapa karya seni dan produk, mulai dari kerajinan tangan, lukisan, hingga aneka karya lainnya.

Kepala SMPN 2 Kalibening Toto Raharjo mengatakan, dunia pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak, apalagi hal tersebut tertuang dalam kurikulim merdeka yang didalamnya terdapat projek pembelajaran penguatan karakter.

Pameran seni  budaya dan kerajinan ini merupakan satu sarana bagi siswa dalam mengembangkan kreativitasnya, mereka bebas melakukan ekspresi dalam berkarya. Sehingga mereka memiliki ruang dalam berekspresi meskipun lingkupnya masih di tingkat satuan pendidikan.

"Dari kegiatan ini, anak-anak mendapatkan ruang, dalam berkarya dan berekspresi melalui seni budaya. Apalagi, kegiatan ini masuk dalam penilaian bagi siswa kelas IX, tentunya semua karya yang dipamerkan adalah hasil kreativitas siswa itu sendiri," ujarnya.

Menurutnya, melalui kegiatan ini secara tidak langsung anak-anak dilatih untuk menjaga dan menghargai sebuah karya. Kegiatan ini juga diharapkan mampu menggali kreativitas peserta didik dalam menghargai, dan merajut keberagaman budaya. Kegiatan ini juga akan menumbuhkan sikap peduli, kerjasama, tanggungjawab, disiplin, percaya diri dan tentunya mereka dapat mengapresiasi seni yang ditampilkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Banjarnegara Teguh Handoko saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, melalui kegiatan pameran seni budaya ini, para siswa memiliki ruang untuk berekspresi, tidak hanya itu, dari sini anak-anak dapat belajar berkolaborasi, bertanggung jawab, dan bekerja sama. 

"Ini bagian dari implementasi kurikulum merdeka, dan kami berharap para guru tidak salah kaprah dalam memaknai kegiatan pembelajaran berbasis proyek seperti yang diamanatkan dalam kurikulum merdeka. Jangan terpaku pada hasilnya, tetapi prosesnya karena dari proses tersebut anak akan belajar dan mendapatkan pengalaman yang sangat berguna bagi kehidupannya," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut