get app
inews
Aa Read Next : Segini Besaran Dana Desa dan ADD di Banjarnegara Tahun 2024

Simbul Kerukunan, Wagub Jateng Terima Penghargaan SHRK 2023

Selasa, 18 April 2023 | 17:12 WIB
header img
Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen saat berdiskusi.

SEMARANG,iNewsBanjarnegara.id-Wakil Gubernur Jawa Tengah KH Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) mendapatkan penghargaan Seminar Hukum Roh dan Kehidupan (SHRK) Award 2023. Penghargaan tersebut diberikan karena orang nomor dua di Jateng ini dinilai mampu menjaga kerukunan umat beragama di Jateng.

Penghargaan yang merupakan bagian dari simbul kerukunan ini diserahkan langsung perwakilan SHRK, Ev. Samuel Elisa Purnama didampingi Ketua Yayasan Harvey Movement, Ps. Agus Thomas Daniarto, dan Dewan Pengawas DPD Asosiasi Pendeta Indonesia Jawa Tengah, Ps. Reynald Gouw di ruang kerja wagub.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin menilai bahwa Jawa Tengah memiliki kehidupan yang rukun dan damai. Kedamaian dan toleransi ini juga bagian dari amanat Pancasila dan UUD 45 yang didalamnya tertuang semboyan Bhineka Tunggal Ika.

"Ini semua menciptakan kebersamaan. Karena negara kita ini adalah negara kesepakatan dan yang paling utama adalah kepercayaan. Sehingga, kalau kita memiliki kepercayaan terhadap Tuhan, masuk di sila yang pertama, dan itu harus dilindungi," katanya.

Menurutnya, kerukunan umat beragama perlu terus dijaga, sehngga semangat kebersamaan membangun negara bisa terwujud dengan maksimal. Selain itu, wagub juga mendukung penuh aksi kemanusiaan antar masyarakat. Ia mengapresiasi upaya-upaya yang dijalankan oleh SHRK dalam dunia pendidikan bagi anak kurang mampu. 

Wagub ingin, adanya kolaborasi antara pemerintah dengan kelompok-kelompok yang memiliki kepedulian terhadap pendidikan. Menurutnya, apabila kolaborasi terjalin maksimal, maka generasi emas tahun 2045 dapat bisa segera diwujudkan.

"Semoga bisa ketemu lagi di momen yang lain utamanya ketika ada kegiatan baksos seperti tadi mendampingi anak yang putus sekolah, kami juga berharap itu bisa diinformasikan kepada kami sehingga kami juga bisa ikut andil di pemerintahan ini untuk sama sama men-zero-kan (mengentaskan anak) putus sekolah di Jawa Tengah," katanya.

Ev. Samuel Elisa Purnama mengatakan, saat ini pemerntah di jawa tengah ini bisa menjadi jembatan toleransi antar umat beragama, sehingga banyak kegiatan Kekristenan di Jawa Tengah justru di Fasilitasi dan di berikan ruang yang seluas luasnya. Terutama di Kota Semarang dan Kota Solo, kami umat Kristen bisa menjalankan kegiatan kami dengan sangat mudah dan nyaman. 

"Kami dalam 2 Tahun terakhir ini telah mengadakan Tenda Lawatan pertama di Timika, kedua di Kota Semarang dan ketiga di Kota Solo.  Semua kegiatan Kebaktian Kebangunan Rohani Kristen Umum dan Pemuda berjalan dengan Aman dan Kondusif," katanya.

SHRK Award 2023 merupakan wujud Apresiasi Kebebasan Beragama dan Keberhasilan memelihara kehidupan Rukun, Damai, Toleran tanpa membedakan Suku, Agama dan Ras di Jawa Tengah sebagai Rumah Bersama. 

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut