get app
inews
Aa Read Next : Dilantik, GOW Harus Bersinergi Dengan Pemerintah Atasi Stunting dan Kemiskinan

Segini Besaran Dana Desa dan ADD di Banjarnegara Tahun 2024

Rabu, 17 Januari 2024 | 18:12 WIB
header img
Ilustrasi.net

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Demi mendukung pembangunan di tingkat desa, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dispermades PPKB) menyampaikan bahwa pagu anggaran untuk Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) Kabupaten Banjarnegara tahun 2024 sebesar Rp 397.965.546.000.

Besaran pagu definitif DD maupun ADD tahun 2024 tersebut sudah diusulkan pada Pemerintah Kabupaten Banjarnegara oleh Dispermades PPKB Banjarnegara, meski begitu besaran dana yang masuk ke pemerintahan desa akan berbeda antara desa satu dengan lainnya.

Kepala Dispermades PPKB Kabupaten Banjarnegara, Hendro Cahyono mengatakan, masalah DD dan ADD, dinas sudah mengusulkan, dana sebesar Rp 397.965.546.000 tersebut merupakan dana untuk DD dan ADD yang berasal dari Pemerintah pusat yang ketentuannya sudah diatur dalam Peraturan Kementerian Desa (Permendes) tentang prioritas penggunaan dana desa. 

"Aturannya (Permendes) selalu berganti setiap tahunnya, dan untuk tahun 2024 ini, yang menjadi acuan adalah Permendes No 13 Tahun 2023," katanya.

Menurutnya, jika menggunakan aturan tersebut, maka tahun 2024 ini prioritas penggunaan dana desa untuk penanganan kemiskinan ekstrim dalam bentuk bantuan langsung tunai (BLT) dengan besaran maksimal 25 persen dari pagu DD. Untuk ketahanan pangan minimal 20 persen dari DD, dana operasional Pemdes maksimal 3 persen, pencegahan stunting, permodalan Bumdes atau Bumdesma. 

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut