get app
inews
Aa Read Next : Berbuat Cabul, Seorang Ustaz di Banjarnegara Terancam 12 Tahun Penjara Dan Denda Rp 100 Juta

Tanah Gerak, Lima Rumah Warga di Aribaya Terancam

Senin, 08 Mei 2023 | 14:39 WIB
header img
Tim BPBD dan PMI Banjarnegara saat melakukan pemeriksaan pergerakan tanah yang ada di Desa Aribaya, Kecamatan Pagentan Banjarnegara, Senin (8/5/2023). Foto. dok PMI Banjarnegara

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Hujan lebat yang terjadi pada Minggu (7/5/2023) menyebabkan tanah di Desa Aribaya, Kecamatan Pagentan Banjarnegara bergerak dan mengancam lima rumah milik warga.

Tak hanya itu, pergerakan tanah juga merusak beberapa kebun milik warga, pergerakan tanah tersebut dirasakan warga setelah wilayahnya diguyur hujan sejak pukul 15.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Tak berselang lama, warga merasakan pergerakan tanah yang ada di wilayah RT 05 RW 03 Desa Aribaya, Kecamatan Pagentan.

Lima rumah milik warga mengalami retak dan dinilai membahayakan penghuninya. Lima rumah warga yang terancam adalah rumah milik Nuryanto yang dihuni 6 jiwa, Wahyudin (2 jiwa), Sarwan (3 jiwa), Kholik (5 jiwa), dan rumah milik Hermanto (3 jiwa).

Koordinator relawan RAPI Banjarnegara Tejo Sumarno mengatakan, beberapa rumah warga terdampak mengalami reketakan pada dinding rumah dan lantai, bahkan beberapa rekahan tanah juga terlihat di perkebunan milik warga.

"Sebenarnya pergerakan tanah di wilayah ini sudah pernah terjadi pada 2019 lalu, dan saat ini rekahan tanah akibat pergerakan ini sudah sampai ke rumah warga hingga menyebabkan bangunan retak," ujarnya.

Menurutnya, kerusakan rumah paling parah merupakan rumah milik Nurdyanto yang hanya berjarak sekitar 5 meter dari perahan tanah, bahkan bangunan dan diniding rumah milik Nurdyanto sudah retak dan terbuka pada dinding dan lantau rumah.

"Untuk sementara, keluarga Nurdyanto mengungsi ke rumah saudaranya yang lebih aman," katanya.

Untuk sementara, tim gabungan hanya melakukan pemantauan pergerakan tanah dan melakukan koordinasi dengan lintas sektoral agar segera dilakukan kajian geologi terkait pergerakan tanah di wilayah ini.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut