get app
inews
Aa Read Next : Partisipasi Pemilih Pemilu 2024 Capai 79,9 Persen

STIE Tambara Ajak Siswa SMAN 1 Wanadadi Jadi Wirausaha Milenial

Jum'at, 12 Mei 2023 | 13:38 WIB
header img
para siswa SMAN 1 Wanadadi diajak untuk menjadi wirausaha muda di Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Sebagia bagian dari komitmen perguruan tinggi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tamansiswa Banjarnegara (Tambara) terus berkomitmen dalam menjadikan para generasi muda khususnya pelajar untuk tumbuh dan berkembang sebagai wirausaha milenial.

Satu sasaran yang dilakukan adalah dengan melakukan sosialisasi serta edukasi pada kalangan pelajar SMA yang ada di Banjarnegara, termasuk saat melakukan kegiatan di SMAN 1 Wanadadi dalam projek penguatan pelajar pancasila sesuai dengan kurikulum merdeka.

Kepala SMAN 1 Wanadadi Antono Aribowo mengatakan, pelatihan tersebut merupakan tahapan menuju puncak kegiatan P5 dengan mengambil tema kewirausahaan untuk merintis jiwa enterpreneur yang kreatif, inovatif dan mandiri dengan narasumber dari STIE Tamansiswa Banjarnegara.

"Kegiatan P5 diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi generasi Z utamanya siswa siswi SMAN 1 Wanadadi," ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan upaya untuk memunculkan ide atau inovasi yang akan dikembangkan oleh peserta didik sesuai dengan kelompoknya.

"Kegiatan ini melibatkan peserta didik kelas X untuk belajar menjadi pelaku dan penggerak roda perekonomian dalam lingkungan kecil," katanya.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga bagian dari upaya menumbuhkan dan mengasah jiwa wirausaha di kalangan pelajar, mengajarkan sikap jujur, kreatif, kerjasama dan tanggungjawab serta semangat pantang menyerah dalam berwirausaha.

Sementara Andi Wahyu Saputra dalam materinya menyebutkan jika generasi Z harus mampu menguasai tekhnologi informasi secara bijak. "Jadilah diri sendiri dan bijaklah dalam menyampaikan serta menyaring berbagai bentuk informasi serta buatlah komunikasi efektif dua arah," ujarnya.

Pihaknya juga menjelaskan, komunkasi yang baik dapat terjadi seiring pengetahuan, keterampilan serta sikap yang terbangun dengan pondasi yang kuat.

Kuswoyo, dosen STIE Tamansiswa mengatakan jika menjadi wirausaha yang baik dan sukses ini tentu memerlukan proses yang panjang, beberapa tahapan serta persoalan teknis lainya. Seorang wirausahawan sejati harus memiliki rasa percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, berani mengambil resiko, berjiwa kepemimpinan, memiliki ide yang orisinil, dan berorientasi pada masa depan.

"Jadi jangan dibayangkan prosesnya, namun rasakan dan mulailah usaha kemudian lakukan, pertahankan dan kembangkan ditengah berbagai persaingan," katanya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut