get app
inews
Aa Read Next : MFA Banjarnegara U-13 Borong Piala di Turnamen Piala Bupati Tegal

Jelang Kompetisi, Wasit Banjarnegara Jalani Tes Fisik

Minggu, 11 Juni 2023 | 18:28 WIB
header img
Sejumlah wasit di Banjarnegara saat menjalani tes fisik di Stadion Soemitro Kolopaking Banjarnegara, Minggu (11/6/2023). Foto. dok Komwas Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Sebagai persiapan menghadapi banyaknya kompetisi atau turnamen di Banjarnegara, para wasit dan asisten wasit di Banjarnegara menjalani tes fisik. Kegiatan tersebut dilakukan oleh Komisi Wasit (Komwas) Askab PSSI Banjarnegara di Stadion Soemitro Kolopaking Banjarnegara, Minggu (11/6/2023).

Penyelenggaraan tes fisik bagi wasit dan asisten wasit ini dilakukan untuk melihat kebugaran sang pengadil lapangan hijau sebelum diterjunkan untuk mengadili pertandingan sepak bola di wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Ketua Komwas Banjarnegara Fajar Sigit Prasetyo mengatakan, tes fisik bagi wasit dan asisten wasit ini sangat penting, sebab kebugaran fisik akan berpengaruh bagi wasit maupun asisten wasit saat bertugas di lapangan.

Kondisi yang prima akan menjadikan wasit jeli dalam mengadili pertandingan, sehingga dapat meminimalisir adanya kesalahan dalam mengambil keputusan. Tes fisik ini dilakukan oleh Komwas Askab PSSI Banjarnegara bagi wasit yang sudah memiliki lisnensi resmi.

"Untuk kali ini ada 26 wasit yang mengikuti tes fisik, mereka terdiri dari 8 wasit berlisendi C1 nasional dan sisanya wasut berlisendi C2 dan C3 nasional," katanya.

Menurutnya, berkaitan dengan ini, Komwas Askab PSSI Banjarnegara sudah mendapatkan beberapa agenda kompetisi sepak bola di Banjarnegara, sehingga kebugaran para wasit yang ada di Banjarnegara sangat diperlukan, dengan begitu pada saat bertugas nanti, wasit Askab PSSI Banjarnegara ini benar-benar bugar dan siap untuk bertugas.

"Untuk tes fisik bagi wasit dan asisten wasit kali ini meliputi interval fitnestest dan lari 40 meter sebanyak 6 kali. Untuk interval fitnestest sendiri menggunakan level II, yakni lari 75 meter dengan 40 start, serta rest 25 meter, atau lari 10 putaran yang setara dengan 4 kilometer," ujarnya.

Melalui test ini, pihkanya dapat mengetahui sejauh mana kebugaran wasit yang dimiliki Askab PSSI Banjarnegara, sehingga nantinya saat bertugas, mereka benar-benar dalam kondisi prima dan siap menjalankan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut