get app
inews
Aa Read Next : Hasil Pemilu Di Banjarnegara, PDIP Peroleh Suara Terbanyak Disusul PKB Dan Demokrat. Ini Rinciannya

Tangkal berita Hoax, Ini yang Dilakukan Humas Pemkab Banjarnegara

Selasa, 13 Juni 2023 | 19:36 WIB
header img
Pemerintah Kabupaten Banjarnegara saat melakukan sosialisasi terkait penangkal berita hoax jelang Pemilu. Foto. dok Kominfo Banjarnegara

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Peredaran berita bohong atua berita hoax masih sering dijumpai di sejumlah media sosial maupun pesan berantai, yang lebih parah lagi, beredarnya berita hoax ini dapat memicu perpecahan di tengah masyarakat.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melakukan pertemuan dan sosialisasi Forum Koordinasi Kehumasan (Fokohumas) di Sasana Karya Praja Setda Banjarnegara, Selasa (13/6/2023). Kegiatan tersebut merupakan satu upaya dalam mencegah peredaran berita hoax di tengah masyarakat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara Indarto mengatakan, peredaran berita hoax masih menjadi permasalahan di era digital saat ini, apalagi saat ini sudah memasuki tahun politik, humas sebagai corong pemerintah memiliki peranan strategis dalam memberikan informasi yang akurat, hal ini bisa menjadi satu cara dalam mencegah peredaran berita hoax ditengah masyarakat.

"Ini tahun politik, ASN harus netral, dan kita juga patut waspada terhadap peredaran berita hoax," ujarnya.

Menurutnya, humas pemerintah juga bisa mengambil bagian dalam memberikan informasi yang benar kepada masyarakat, hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya menangkal berita hoax.

"Di sinilah peran humas dibutuhkan sebagai jembatan informasi pemerintah dengan masyarakat. Apalagi informasi yang tidak benar in bisa memecah belah masyarakat," ujarnya.

Selain itu, humas pemerintah juga harus bisa memberikan edukasi terhadap masyarakat terkait pesta demkrasi lima tahunan, sehingga pelaksanaan Pemilu bisa berjalan dengan aman, damai, lancar dan demokratis.

"Saya juga mengingatkan agar humas di masing-masing OPD bisa meningkatkan kemampuannya agar lebih profesional, unasan humas harus mampu mengolah informasi dan mengkomunikasikan kebijakan pemerintah kepada publik serta dapat membangun citra pemerintah yang positif," ujarnya.

Sebab komunikasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat akan bermuara pada terwujudnya pembangunan yang transparan dan bertanggung jawab.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Banjarnegara, R Riono Rahadi Prasetyo mengatakan, pertemuan Fokohumas Banjarnegara ini disamping sebagai ajang silaturahmi antar anggota juga untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan anggota Fokohumas dalam memproduksi, mengolah dan mempublikasikan informasi dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-maisng kepada masyarakat.

Melalui kegiatan ini harapannya anggota Fokohumas menjadi lebih profesional, cakap, aktif dan produktif dalam mengelola informasi melalui berbagai kanal informasi seperti website, medsos maupun aduan masyarakat.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut