get app
inews
Aa Read Next : Meriah Semarak 40 Tahun Smansa Perjaka Banjarnegara

Ekslporasi Produk Lokal, P5 SMAN 1 Klampok Diapresiasi Anggota DPRD Jateng

Sabtu, 16 September 2023 | 15:23 WIB
header img
Gelar karya kearifan lokal siswa SMAN 1 Purwareja Klampok sebagai bagian dari penerapan pendidikan karekter sesuai dengan kurikulum merdeka.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Penjabaran dari kurikulum merdeka dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), siswa SMAN 1 Purwareja Klampok menggelar pameran karya siswa bertemakan kearifan lokal dengan melakukan eksplorasi berbagai potensi yang ada di sekitar.

Pameran karya siswa SMAN 1 Klampok bertajuk Eksplorasi lokal genius bumi Banjarnegara ini ternyata mampu menarik perhatian masyarakat, termasuk anggota DPRD Jawa Tengah Tri Mulyantoro.

"Ini kegiatan yang positif, tak hanya itu, kegiatan ini juga menjadikan siswa lebih kretaif, bahkan sebagai generasi muda, mereka akan lebih mengenal dengan nilai-nilai kearifan lokal, khususnya yang ada di daerah sekitar," kata anggota DPRD Jateng Tri Mulyantoro.

Menurutnya, melalui kegiatan ini, para siswa belajar dan memahami tentang berbagai potensi yang ada di sekitar, tidak hanya itu, melalui kegiatan eksplorasi potensi lokal, para siswa juga belajar langsung, sehingga akan tertanam karakter dan kreatifitas siswa dalam berkarya.

Kepala SMAN 1 Purwareja Klampok Linovia Karmelita mengatakan, sebelum kegiatan pameran karya siswa ini, setiap kelas melakukan penelitian dan kajian sesuai dengan bidang dan potensi yang ada di sekitar sekolah, mulai dari Batik Gumelem, Keramik Klampok, serta berbagai kerajinan dan kesenian lainnya.

Tidak hanya itu, saat melakukan penelitian di batik Gumelem, para siswa tidak hanya mengenal jenis dan motif batik, mereka juga ikut belajar membatik bersama para ahlinya, sehingga ini akan menanamkan nilai kecintaan para siswa terhadap potensi dan budaya lokal.

"Gelar karya ini merupakan puncaknya, setelah mereka melakukan pembelajaran dan eklporasi langsung di lapangan, para siswa kemudian membuat karya dan dipamerkan dalam kegiatan ini," katanya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut