get app
inews
Aa Read Next : Lolos CAT, 276 Calon Anggota PPK Pilkada Banjarnegara Ikuti Tes Wawancara

KPU Banjarnegara Kenalkan Pemilu dan Demokrasi Sejak Dini

Sabtu, 16 September 2023 | 16:23 WIB
header img
Anggota KPU Banjarnegara M Syarif SW saat melakukan pendidikan demokrasi di MTs N 2 Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Upaya pengenalan demokrasi dan Pemilihan Umum (Pemilu) sejak dini menjadi bagian penting dalam suksesi pendidikan demokrasi pada masyarakat, untuk itu KPU Kabupaten Banjarnegara melakukan sosialisasi dan mengenalkan tentang Pemilu dan demokrasi pada siswa MTs Negeri 2 Banjarnegara, Sabtu (16/9/2023).

Dalam kegiatan tersebut, anggota KPU Kabupaten Banjarnegara Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, M Syarif SW melakukan berbagai trik agar para siswa tidak bosan dan dapat menyerap materi tentang demokrasi, termasuk dengan adanya kuis serta diberikan suvenir menarik dari KPU dan sekolah untuk siswa yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar atau berani bertanya dan berpendapat. 

"Siswa MTs ini memang belum termasuk pemilih pemula dalam Pemilu serentak 2024, namun mereka juga berhak mendapatkan pendidikan dan pengetahuan tentang demokrasi dan Pemilu, maka kami kenalkan materi tentang demokrasi dan pemilihan umum secara sederhana," katanya.

Pendidikan pra pemilih tersebut dikemas dalam kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin dengan tema Demokrasi Pancasila.

Dalam kesempatan tersebut, Syarif menyampaikan belajar berdemokrasi bisa dimulai dari lingkungan terkecil di sekitar para siswa. Seperti lingkungan kelas, organisasi siswa intra madrasah/sekolah dan organisasi atau komunitas lainnya yang diikuti para siswa.

"Dalam berorganisasi kita belajar menyampaikan pendapat, belajar mendengarkan pendapat orang lain, menghargai pendapat orang lain yang berbeda, saling berdiskusi memecahkan masalah bersama dan menghargai pilihan orang lain serta tidak memaksakan kehendak kita kepada orang lain atau anggota organisasi," katanya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut