get app
inews
Aa Read Next : Lolos CAT, 276 Calon Anggota PPK Pilkada Banjarnegara Ikuti Tes Wawancara

Ini Alasan KPU Banjarnegara Terus Lakukan Sosialisasi Pemilu di Sekolah

Jum'at, 22 September 2023 | 20:31 WIB
header img
KPU Banjarnegara saat melakukan sosialisasi Pemilu di SMAN 1 Bawang.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjarnegara terus menggencarkan sosialisasi terhadap kalangan pelajar yang merupakan basis pemilih muda dan pemilih pemula dalam Pemilu serentak 2024.

Kalangan pelajar dan mahasiswa di Banjarnegara memang menjadi satu target KPU Banjarnegara dalam melakukan sosialisasi dan pendidikan Pemilu, hal ini seiring dengan data calon pemilih di Banjarnegara pada Pemilu 2024 yang didominasi oleh pemilih pemula dan pemilih muda atau lebih dikenal dengan Gen Z dan Milenial.

Anggota KPU Kabupaten Banjarnegara Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, M Syarif SW mengatakan, jika melihat daftar calon pemilih di KPU Banjarnegara, jumlah pemilih dari Gen Z dan Milenial di Banjarnegara lebih dari 50 pesren, untuk itu KPU Banjarnegara terus berusaha melakukan sosialisasi pada kalangan pelajar dan mahasiswa sebagai bagian dari upaya meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu serentak 2024 mendatang.

"Jumlah pemilih pemula dan pemilih muda pada Pemilu 2024 di Banjarnegara ini lebih dari 50 persen, sehingga sosialisasi dan pendidikan Pemilu bagi pelajar sangat diperlukan," ujarnya.

Dengan sosialisasi ini dia berharap para pelajar dan mahasiswa yang merupakan pemilih muda dan pemilih pemula ini bisa mendapatkan informasi yang benar mengenai Pemilu. Dari mulai tahapan, peserta Pemilu, daftar pemilih dan hal teknis lainnya agar mereka punya bekal sebelum memilih di TPS.

"Kami juga menyampaikan dan mengajak pemilih Gen Z dan Milenial ini untuk tidak golput dan berani menolak politik uang," katanya.

Kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada segmen pemilih pemula dan pemilih muda akan terus dilakukan. Di antara digelar di sekolah menengah atas sederajat baik negeri maupun swasta, pondok pesantren, kampus dan komunitas.

Sejauh ini respons siswa, mahasiswa, guru maupun dosen sangat positif. Seperti sosialisasi yang dilakukan di SMAN 1 Bawang.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut