get app
inews
Aa Read Next : KPU Kabupaten Banjarnegara Butuhkan 11.725 Orang KPPS untuk Pilkada Serentak 2024

Ada Ternak Panda Lima di Banjarnegara, Apa Saja Programnya

Jum'at, 13 Oktober 2023 | 17:49 WIB
header img
Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso saat memberikan sambutan dalam peluncuran Ternak Panda Lima di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) terus berupaya meningkatkan rata-rata lama sekolah, termasuk dengan meluncurkan prorgam Ternak Panda Lima (Nganter Anak Paud Dapat Lulus dan Ijazah SMA). 

Program ini diluncurkan seiring dengan masih rendahnya tingkat lama sekolah di Banjarnegara, dimana saat ini meski mengalami peningkatan, prosentasi lama sekolah di Banjarnegara masih rendah.

Kepala Dindikpora Banjarnegara, Teguh Handoko mengatakan, Ternak Panda Lima merupakan satu upaya dalam meningkatkan rata-rata lama sekolah di Banjarnegara, dimana hal ini menjadi satu indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

"Program ini untuk mendongkrak rata-rata lama sekolah di Kabupaten Banjarnegara," ujarnya

Menurutnya, program Ternak Panda Lima ini muncul melihat adanya fenomena para orang tua yang mengantar dan menunggui anaknya sekolah di PAUD. Berdasarkan data yang ada, belum semua orang tua yang usia rata-rata kisatan 24 tahun ke atas ini belum mendapatkan jenjang pendidikan SMA.

Sehingga program ini hadir untuk menjangkau mereka agar tetap dapat mengakses dan memperluas jangkauan pendidikan bagi masyarakat Banjarnegara. Mereka dapat melanjutkan ke jenjang kesetaraan dimanapun berada, termasuk tidak meninggalkan tugasnya untuk antar jemput anak sekolah.

"Melalui program ini, para orang tua murid bisa memanfaatkan waktu saat menunggui anaknya sekolah untuk mengenyam pendidikan kejar paket atau pendidikan kesetaraan," katanya.

Dikatakannya, Kabupaten Banjarnegara memang mengalami peningkatan dalam rata-rata lama sekolah, namun angka ini masih termasuk rendah, dimana angka rata-rata lama sekolah naik 1,33 persen dari 6,75 persen tahun di tahun 2021 menjadi 6,84 persen tahun pada 2022. Angka tersebut menunjukan rata-rata masyarakat menempuh pendidikan hanya sampai jenjang SD.

Sedangkan rata-rata lama sekolah tingkat nasional pada tahun 2022 sudah mencapai 8,69 persen atau sampai jenjang SMP. "Angka ini menunjukan masih banyak anak putus sekolah atau tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," katanya.

Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto mengatakan, dengan adanya program Ternak Panda Lima ini diharapkan percepatan peningkatan rata-rata lama sekolah di Kabupaten Banjarnegara bisa terwujud.

"Meningkatnya rata-rata lama sekolah maka akan berdampak pula dengan meningkatnya IPM di Kabupaten Banjarnegara," ujarnya.

Menurutnya, satu indikator yang dapat mengukur tingkat pendidikan suatu daerah adalah rata-rata lama sekolah, yakni jumlah tahun rata-rata yang dihabiskan oleh seseorang untuk menyelesaikan pendidikan. Semakin tinggi rata-rata lama sekolah, semakin tinggi pula tingkat pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh masyarakat.

"Rata-rata lama sekolah berpengaruh terhadap produktivitas, kesejahteraan, dan daya saing daerah," katanya.

Pendidikan adalah kunci untuk memajukan bangsa dan daerah. Pendidikan menjadi investasi jangka panjang yang akan memberikan manfaat bagi generasi mendatang.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut