get app
inews
Aa Read Next : Dataran Tinggi Dieng Banjarnegara Masuk 10 Besar Obyek Wisata Terpopuler

Antisipasi Kemacetan Libur Nataru Dieng, Polisi Siapkan Rekayasa Lalulintas

Jum'at, 15 Desember 2023 | 11:45 WIB
header img
Peta rekayasa lalulintas saat libur Nataru di Kawasan wisata Dieng Banjarnegara

BANJARNEGARA,iNewsbanjarnegara.id- Untuk mengatisipasi potensi kemacetan lalulintas di obyek wista Dieng Batur Banjarnegara, Polres Banjarnegara siapkan rute rekayasa lalulintas untuk mengurai kemacetan. Kapolres Banjarnegara, AKBP Era Johny Kurniawan melalui Kasat Lantas, Iptu Mohamad Bimo Seno mengatakan, terkait rekayasa lalu lintas, Polisi akan melakukan penilaian-penilaian berupa pengecekan titik rawan macet. Jika dianggap layak diberlakukan arus one way maka akan diberlakukan. "Namun dengan melakukan screening atau clearing arus terlebih dahulu sepanjang rute termasuk pemberitahuan kepada stakeholder terkait, masyarakat dan juga himbauan melalui medsos," katanya.

Direncanakan, kata Bimo, sistem oneway berlaku searah jarum jam mulai dari simpang 3 Aswatama lurus - kearah candi Arjuna atau Suharto Witlem lurus - Simpang 3 Dieng Wetan lurus - telaga warna - kawah sikidang - Musium Kaliasa - simpang 3 Aswatama. Selain itu, Satlantas Banjarnegara telah menyiapkan personel dan sarana prasarana serta rekayasa lalu lintas (jika diperlukan).

"Akan di Ploting personel dititik-titik tertentu yang diawasi oleh perwira yang bertugas mengecek terkait potensi kemacetan, menegur dan menghimbau masyarakat yang melanggar parkir dibahu jalan. Kemudian ada tim urai yang khusus patroli mengecek seluruh wilayah dieng. Tim urai ini bertugas membackup pers yang telah diploting," katanya.

Bimo menghimbau kepada calon wisatawan agara memperhatikan faktor kesehatan termasuk kondisi kendaraan yang digunakan, berhati-hati dan selalu tertib lalulintas dengan mentaati rambu lalulintas yang ada. Juga selalu hati-hati saat berkendara mengingat jalur Dieng terdapat turunan curam, jalan menyempit, tikungan tajam serta faktor cuaca hujan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, Tursiman mengatakan, menyambut libur natal dan tahun baru atau nataru, 26 destinasi atau obyek wisata di Kabupaten Banjarnegara siap menjadi tempat kunjungan wisatawan saat liburan natal dan tahun baru 2023.

Menurut Tursiman, secara umum obyek wisata di Kabupaten Banjarnegara sudah sangat siap dikunjungi. Diperkirakan, puncak kunjungan pada tanggal 24 Desember 2023 mengingat tanggal 25-26 Desember 2023 ditetap sebagai hari cuti bersama.

"Infrastruktur di obyek wisata sudah tertata selain itu, untuk kemanan juga sudah disiapkan dengan melibatkan petugas dari TNI/Polri, Satpol PP dan unsur dari masing-masing relawan di wilayah obyek wisata tersebut," katanya.(fan)

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut