get app
inews
Aa Read Next : Pecah, Euforia Suporter Timnas Garuda Muda Saat Nobar Bareng KONI Banjarnegara

Gol Asnawi Singkirkan Vietnam di Piala Asia 2023

Sabtu, 20 Januari 2024 | 13:34 WIB
header img
Selebrasi Asnawi Mangkualam setelah membobol gawang Timnas Vietnam, Jumat (19/1/2024) (c) AP Photo/Hussein Sayed

DOHA,iNewsBanjarnegara.id-Timnas Garuda akhirnya membuka peluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 usai mengalahkan Vietnam 1-0 di pertandingan ke dua yang berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat (19/1/2024).

Gol tunggal anak asuh Shin Tae-yong ini dicetak oleh sang kapten Asnawi di menit ke 42 melalui titik putih. Gol ini tak hanya membuka peluang bagi timnas Indonesia, namun juga mengubur mimpi Vietnam untuk bisa lolos dari putaran grup.

Peluang Vietnam sudah tertutup setelah pada laga perdana takluk dari Jepang 4-2, empat gol Jepang dicetak oleh Takumi pada menit ke 11 dan 45, dua gol lainnya ditorehkan oleh Keito Nakamura di menit 45+4, dan Ayase Ueda di menit ke 85, sedangkan dua gol balasan Vietnam di cetak oleh Nguyen di menit ke 16, dan Pham Tuan di menit ke 33.

Dengan hasil ini, tentu saja membuat Vietnam sudah tidak memiliki peluang lolos ke babak 16 besar, sementara timnas Garuda membuka peluang untuk bisa lolos ke putaran gugur. Saat ini, timnas Indonesia berada di peringkat 3 di bawah Irak yang mengemas 6 poin di posisi puncak dan Jepang di posisi ke dua dengan nilai 3.

Dalam laga Indonesia vs Vietnam, timnas Garusa sebenarnya kalah dari sisi penguasaan bola maupun peluang, bahkan Vietnam mampu menguasai permainan hingga 58 persen, begitu juga dengan akurasi umpan, Vietnam mampu melakukan akurasi operan hingga 74 persen, sedangkan timnas Garuda hanya 72 persen.

Untuk aliran bola, anak asuh Shin Tae-yong hanya mampu melakukan operan sebanyak 362, sedangkan tim lawan mampu melakukan operan hingga 486 kali. Namun untuk tendangan Asnawi dkk mampu melakukan 16 tembakan dan 5 tendangan ke arah gawang, sedangkan Vietnam hanya mampu melakukan 11 tembakan yang tiga diantaranya mengarah ke gawang.

Laga yang berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium antara Indonesia vs Vietnam ini memang sangat ketat, aksi jual beli serangan terus terjadi sepanjang laga, bagi pendukung timnas, tentu saja ikut memacu adrenalin, terlebih saat menit-menit akhir pertandingan.

Vietnam yang harus kehilangan satu pemain akibat kartu merah setelah mendapatkan kartu kuning kedua ini justru tampil menyerang, bahkan nyaris mencetak gol lewat tendangan bebas pada babak tambahan waktu, beruntung Ernando Ari sukses menepis bola hingga selamatlah gawang skuat Garuda.

Dari hasil ini, sang juru taktik skuat Garusa Shin Tae-yong memberikan pernyataan mengejutkan, menurutnya mengalahkan Vietnam adalah satu upaya untuk mengamankan tempat di Piala Asia 2023. Menurutnya, kemenangan Timnas Indonesia didorong oleh faktor keberuntungan yang sedikit. "Kami menang berkat sedikit keberuntungan. Saya ingin berterima kasih kepada para penggemar atas dukungan mereka untuk membantu tim menang. Performa luar biasa," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut