get app
inews
Aa Read Next : M2B Tantang SMA Muhammadiyah Banjarnegara di Final POPDA SMA

Lebih Dekat dengan Ilham Rio Fahmi, Sosok Pendiam yang Garang Saat Dilapangan

Minggu, 21 Mei 2023 | 07:30 WIB
header img
Rio Fahmi saat masih menjadi pemain Persibara Banjarnegara junior yang turun di Piala Soeratin U-17. Foto. dok Persibara Banjarnegara

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id - Nama pesepakbola muda asli Banjarnegara Ilham Rio Fahmi kembali menjadi buah bibir insan sepak bola Indonesia setelah timnas Garuda Muda sukses membenamkan Thailand di final Sea Games Cambodia dengan skor 5-2.

Tak hanya itu, kemenangan atas Thailand di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023) lalu juga memantapkan timnas Garuda U-22 merebut medali emas Sea Games sejak 1991, tentu saja medali ini menjadi pelepas dahaga insan sepak bola Indonesia atas prestasi timnas Garuda.

Dalam laga melawan Thailand, Ilham Rio Fahmi diturunkan coach Indra Sjafri sebagai pemain pengganti, namun aksinya dalam membantu serangan tim Garuda cukup membuat lini pertahanan Thailand kocar kacir, terbukti satu asisstnya di menit ke 107 pada Fajar Fathur Rahman untuk menjebol gawang Thailand dan memperkokoh kemenangan timnas menjadi 4-2 sebelum akhirnya dituntaskan oleh Beckham Putra menjadi 5-2.


Ilham Rio Fahmi saat kembali ke Banjarnegara usai meraih medali emas Sea games Cambodia bersama timnas Garuda U-22. Foto. dok. KONI Banjarnegara.
 

Gol ke lima bagi timnas Garuda yang dietak oleh Beckham Putra juga tidak lepas dari aksi Rio Fahmi yang ikut menusuk ke pertahanan lawan, tentu saja aksinya di lapangan berbanding terbalik dengan kebiasaanya di luar lapangan yang dikenal santun dan pendiam.

Ilham Rio Fahmi memang dikenal pendiam dan ramah, dia juga mudah bergaul dengan teman-teman maupun orang di sekitarnya, namun siapa sangka, pemuda asli Banjarnegara kelahiran 6 Oktober 2001 ini selalu tampil garang saat dilapangan.

Berposisi sebagai pemain belakang, Ilham Rio Fahmi digadang-gadang sebagai pemain belakang terbaik Persija Jakarta di masa depan, bahkan dirinya selalu menjadi kepercayaan bagi tim Macan Kemayoran dalam mengarungi Liga 1 PSSI. Kepercayaan ini benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh jebolan pemain Persibara Banjarnegara Junior Piala Soeratin U-17.

Bek Persija Jakarta ini memulai bermain sepak bola sejak dirinya duduk di bangku SMPN 5 Banjarnegara, bahkan saat Rio Fahmi diasuh langsung oleh Pelatih Persibara Banjarnegara Junior Rio Hermawan, tak hanya itu Rio Fahmi juga sukses menembus tim Persibara Banjarnegara junior yang akan turun di ajang Piala Soeratin di bawah sang manajer Lasmi Indaryani.

Kemampuan Rio Fahmi dalam menjaga lini pertahanan dan membantu serangan timnya terus meningkat, bakatnya semakin terlihat saat dirinya melanjutkan pendidikan di MAN 2 Banjarnegara, dimana sekolah tersebut merupakan sekolah rujukan sepak bola di Kabupaten Banjarnegara.

Lagi-lagi, saat bersekolah di MAN 2 Banjarnegara, Rio Fahmi terus diasah kemampuannya oleh coach Rio Hermawan hingga masuk dalam skuat inti tim sekolah M2B Banjarnegara. Tak cukup sampai disitu, Rio Fahmi terus berlatih dengan keras demi mewujudkan impiannya masuk dan bermain bersama tim yang diidolakannya Persija Jakarta.

Diakui Rio Fahmi, hal yang paling bersejarah dalam karier sepak bolanya adalah saat dirinya berusia 16 tahun, saat itu dia rela datang ke Stadion Wijaya Kusuma Cilacap demi menyaksikan tim idolanya Persija Jakarta berlaga melawan Madura United di turnamen Cilacap Cup 2017.

Rio sendiri sudah mengidolakan Persija Jakarta sejak 2012, turnamen Cilacap Cup 2017 menjadi hal bersejarah bagi Rio Fahmi yang bisa secara langsung melihat pertandingan tim idolanya. Pertandingan tersebut membuat dirinya semakin bersemangat untuk terus berjuang dan berlatih demi bisa mengenakan jersey resmi Persija Jakarta di kompetisi resmi.

Berkat kegigihan dalam berlatih dan potensi yang miliki Rio Fahmi saat berseragam Persibara Banjarnegara Junior, warga Desa Ampelsari Banjarnegara ini ternyata mendapat perhatian dari Persija yang notabene adalah klub pujaannya, hingga akhirnya bisa bergabung dengan Persija Jakarta junior pada tahun 2020.

Tak butuh waktu lama bagi Rio muda untuk bisa menembus skuat senior tim Macan Kemayoran, Rio Fahmi resmi masuk skuat tim senior setelah satu tahun bersama tim Persija Jakarta Junior. Secara resmi Ilham Rio Fahmi menjadi bagian dari skuad Persija untuk menghadapi kompetisi Liga 1 2021-2022. Dengan potensi yang ia miliki, Rio digadang-gadang bakal menjadi bek kanan masa depan Macan Kemayoran. 

"Saat itu saya tidak menyangka bisa mengenakan jersey Persija Jakarta dan bermain untuk klub idola. Tetapi saya tidak mau berekspektasi terlalu tinggi. Saya mau step by step. Apa yang ada di depan mata saya jalankan dulu. Harus kerja keras lagi," katanya.

Tak hanya itu, aksinya di lapangan juga membuat kepincut pelatih tim nasional Shin Tae-yong demi mengisi posisi full back di tim garuda skuat asuhannya. Berkat penampilannya pula Rio Fahmi mendapat kepercayaan dari Shin Tae-yong di Sea Games 2021. Full-back yang saat itu baru berusia 20 tahun itu dipercaya masuk dalam skuat timnas U-23 Indonesia untuk menghadapi Timor Leste. 

Nama Ilham Rio Fahmi masuk dalam daftar 20 pemain timnas U-23 Indonesia yang dipanggil Shin Tae-yong untuk berlaga pada Sea Games 2021 di Hanoi, Vietnam. Adapun, timnas U-23 Indonesia besutan Shin Tae-yong berada di Grup A cabang olahraga (cabor) sepak bola putra Sea Games 2021. 
Di Grup A sepak bola putra, Garuda Muda bersaing dengan Vietnam selaku tuan rumah, Myanmar, Filipina, dan juga Timor Leste. Pada pertandingan pertama Grup A kontra Vietnam, Indonesia kalah dengan skor 0-3. Ketika itu, Shin Tae-yong memberi kepercayaan kepada Ilham Rio Fahmi untuk menghuni sisi kanan pertahanan Garuda Muda. 

Pemain klub Persija Jakarta itu menjadi bagian dari kuartet lini belakang timnas U-23 Indonesia bersama Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho Ramadhani, dan juga Firza Andika. Sayangnya, Rio Fahmi dkk tak mampu membendung agresivitas Vietnam yang berhasil menyarangkan tiga gol.

Kegagalan di Sea Games 2021 Vietnam dibayar lunas pada Sea Games Cambodia 2023 dengan melaju ke babak final dan menumbangkan ambisi Thailand dengan skor 5-2 sekaligus memastikan timnas Garuda U-22 meraih medali emas di ajang Sea Games 2023.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut