get app
inews
Aa Read Next : Melihat Ritual Puncak Grebeg Sadran Agung di Desa Glempang Banjarnegara

Semarak Kirab Hari Jadi Banjarnegara ke 453

Selasa, 27 Februari 2024 | 13:37 WIB
header img
Pj Bupati saat melakukan kirab hari jadi Banjarnegara ke 453 tahun 2024

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Peringatan Hari Jadi Banjarnegara ke 453 Banjarnegara tahun 2024 serasa lebih meriah dari perayaan tahun-tahun sebelumnya. Puncaknya, hari ini, Senin 26 Februari telah digelar Kirab hari jadi yang berlangsung meriah. Puluhan ribu warga memenuhi jalan-jalan protokol kota Banjarnegara. Sebagian lagi menyemut di Alun-alun Banjarnegara untuk menyambut kirab guna berebut gunungan

Kirab hari jadi diikuti oleh Penjabat Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto SH, Forkompimda,  ketua dan anggota DPRD dan kepala OPD, masing-masing beserta istri. Dimulai dengan kirab kereta kuda dari Halaman Kantor Dishub Banjarnegara melalui jalan-jalan utama kota Banjarnegara.

Rombongan kirab berhenti di jalan Pemuda depan gedung DPRD Banjarnegara, untuk melanjutkan dengan kirab berjalan kaki menuju Pendopo Dipayudha Adigraha, tempat digelarnya prosesi hari jadi.
Dari kompleks gedung DPRD peserta kirab bertambah dari unsur para pejabat eselon III, eselon IV dan fungsional serta lurah, dengan mengenakan busana adat kebesaran dan pakaian adat resmi.

Sepanjang jalan yang dilalui kirab telah terpasang penjor-penjor yang memeriahkan suasana.
Sepanjang jalan, PJ Bupati dan rombongan kirab menyapa warga yang telah menanti sejak pagi. Tak ketinggalan, tujuh gunungan yang juga dikirab. Uniknya dari ketujuh gunungan tersebut salah satunya adalah gunungan buku. Selain gunungan buku, gunungan lainnya berisi hasil bumi seperti padi, sayuran hingga buah-buahan. Gunungan tersebut turut diarak bersama rombongan kirab keliling kota.

Selanjutnya, gunungan diperebutkan warga di alun-alun bersamaan dengan pentas seni budaya yang ditampilkan angklung, tek-tek, ebeg, lengger dan sebagainya. Usai grebeg gunungan, ditampilkan ‘Banjarnegara Menari’ yang membawakan tari Dawet Ayu. Event ini melibatkan seribu penari wanita dari 20 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Selain itu juga digelar aneka tari lainnya dari sanggar-sanggar seni yang ada di Banjarnegara.

Rombongan kirab selanjutnya menuju Pendopo Dipayudha Adigraha guna mengikuti prosesi hari jadi Banjarnegara, dan Sidang Paripurna Hari Jadi. Pada kesempatan tersebut ditampilkan Sendratari Mangun Yudho Sedoloji. Tak ketinggalan, ditampilkan ucapan selamat dari para tokoh Banjarnegara. Rangkaian acara prosesi ditayangkan secara virtual melalui kanal youtube Pemerintah Kabupaten Banjarnegara.

Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara, yang juga Ketua Peringatan Hari Jadi tahun 2024, Drs. Indarto, mengatakan, berbagai kegiatan telah digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-453 Kabupaten Banjarnegara Tahun 2024. 

“Tahun ini hari jadi mengusung tema besar ‘Banjarnegara Bersemangat, Banjarnegara Bermanfaat’, tersemat juga tagline ‘Banjarnegara Sumringah’. Sesanti ini bisa dimaknai sebagai ungkapan kegembiraan, serta rasa syukur kepada Tuhan atas pencapaian yang diraih dalam perjalanan panjang Kabupaten Banjarnegara,” katanya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut