get app
inews
Aa Read Next : Melihat Ritual Puncak Grebeg Sadran Agung di Desa Glempang Banjarnegara

Syukuran, Warga Bandingan Kalibombong Banjarnegara Gelar Ruwat Bumi

Rabu, 29 Mei 2024 | 18:45 WIB
header img
Sejumlah warga Kalibombong saat bersiap melaksanakan ruwat bumi, Rabu (25/5/2024)

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id - Berharap agar bumi selalu aman dan pertanian semakin maju, sejumlah warga di Dusun Bandingan Desa Kalibombong Banjarnegara gelar ritual ruwat atau selamatan bumi, Rabu (29/5/2024).

Tokoh masyarakat Bandingan, Edwin Wijaya mengatakan, ruwat bumi merupakan kebiasaan turun temurun atau leluhur yang bertujuan mewujudkan ungkapan syukur atas hasil yang diperoleh dari bumi. "Ruwatan merupakan sebuah upacara yang berasal dari Jawa dan digunakan untuk membebaskan atau melepaskan seseorang dari hukuman atau kutukan yang membawa sial atau membahayakan," katanya.

Menurut Edwin, tujuan yang masih dipercaya masyarakat adalah permohonan dengan tulus agar orang atau wilayah atau pertanian yang diruwat dapat terbebas dari bencana dan mendapatkan keselamatan. Masyarakat juga berhasrat untuk menjaga dan mempertahankan warisan adat istiadat yang telah diwariskan secara turun-temurun oleh leluhur.

Sebelum melaksanakan upacara Ruwatan, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti nasi kuning yang melambangkan rezeki berlimpah, nasi golong yang melambangkan rezeki yang berputar, tumpeng yang melambangkan ungkapan syukur atas kenikmatan yang telah diberikan, jenang abang yang terbuat dari ketan dan diberi gula dan kelapa, jajan pasar yang melambangkan rezeki yang banyak dan terhindar dari masalah, serta rujak legi sebagai simbol penafsiran. "Semua makanan tersebut digelar ditengah kampung dan setelah didoakan oleh tokoh agama, seluruh warga menyantap makanan tersebut," katanya.

Ruwatan bukan hanya sekadar tradisi, tetapi juga merupakan warisan budaya yang penting bagi masyarakat Jawa dalam menjaga keberlangsungan adat istiadat dan menjunjung tinggi nilai-nilai kehidupan yang terkandung di dalamnya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut