get app
inews
Aa Read Next : Kapolres Polres Banjarnegara Lakukan Sertijab Tiga Kapolsek

Masuk Banjarnegara, Driver Arus Mudik Bakal di Tes Urine

Rabu, 27 Maret 2024 | 13:59 WIB
header img

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Sebagai bagian untuk memberikan dan memastikan keamanan para pemudik yang menggunakan kendaraan umum yang masuk wilayah Banjarnegara, Jajaran Polres Banjarnegara dan Dishub bakal melakukan serangkaian tes kendaran arus mudik, tak hanya kendaraan para driver juga akan dilakukan tes urine oleh Satnarkoba Polres Banjarnegara.

Pemeriksaan terhadap para awak angkutan umum dan driver ini dilakukan untuk memastikan kendaraan arus mudik yang masuk wilayah Banjarnegara benar-benar laik jalan dan awak angkutan khususnya pengemudi terbebas dari narkoba.

Kapolres Banjarnegara AKBP Erick Budi Santoso mengatakan, demi memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat yang mengguakan kendaraan umum, Polres Banjarnegara bersama dengan Dinas Perhubungan bakal melakukan pemeriksaan kendaraan yang masuk wilayah Banjarnegara.

Pemeriksaan dilakukan tidak hanya pada surat dan fisik kendaraan laik jalan, tetapi juga pada kesehatan pengemudi, termasuk tes urine sebagai bentuk antisipasi dan memastikan pengemudi tidak menggunakan narkoba.

"Ini sangat penting, awak angkutan harus bebas narkoba, khususnya driver," katanya.

Selain itu, pada pos arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini akan sedikit berbeda jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dimana tahun ini hanya ada beberapa pos sinergitas pos terpadu atau pos pantau, tetapi akan diperbanyak pos-pos kecil atau strong point yang melakukan pantauan langsung.

Dengan begitu, maka penanganan dan pelayanan masyarakat khususnya jika terjadi kemacetan bisa segera diurai, tidak hanya pada arus mudik dan arus balik, Polres Banjarnegara juga sudah meningkatkan patroli demi meningkatkan keamanan wilayah jelang lebaran ini.

Disadari atau tidak, jelang lebaran seperti saat ini trand tindak krimial di sejumlah wilayah mengalami peningkatan, khususnya tindak pidana curat, suras, maupun curanmor. Untuk itu, Polres Banjarnegara melakukan peningkatan pengamanan dengan melakukan patroli ke sejumlah wilayah.

"Kami mengimbau pada masyarakat untuk selalu waspada, pastikan semua terkunci dengan baik, khususnya saat meninggalkan rumah maupun toko, sebab ini bisa menjadi sasaran orang yang akan melakukan tindak kejahatan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjarnegara M Iqbal mengatakan, terkait dengan kendaraan laik jalan, pihaknya terus melakukan pemeriksaan dan pengecekan kendaraan yang masuk terminal Banjarnegara, kegiatan ini akan ditingkatan lagi bersama jajaran Polres Banjarnegara.

"Kita akan lakukan kolaborasi terkait kendaraan laik jalan, tujuannya hanya satu, yakni memberikan keamanan dan kenyamanan dengan memastikan kondisi kendaraan benar-benar laik jalan," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut