get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Kemacetan Libur Nataru Dieng, Polisi Siapkan Rekayasa Lalulintas

Dataran Tinggi Dieng Banjarnegara Masuk 10 Besar Obyek Wisata Terpopuler

Kamis, 18 April 2024 | 19:31 WIB
header img
Kawasan wisata dataran tinggi Dieng Kabupaten Banjarnegara masuk peringkat 5 dari 10 obyek wisata yang paling banyak dikunjungi saat libur Idul Fitri 2024

BANJARNEGARA, iNewsBanjarnegara.id - Kawasan wisata dataran tinggi Dieng Kabupaten Banjarnegara masuk 10 besar Top Destinasi wisata Nusantara. Dieng menduduki peringkat 5 atau diatas Candi Prambanan dan Borobudur serta dibawah Pantai Menganti.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara, Tursiman mengatakan, dataran tinggi Dieng menjadi pilihan menarik destinasi liburan di Jawa tengah dan saat liburan hari raya Idul Fitri tahun 2024 kemarin, total terdapat 81.809 wisatawan berkunjung ke Dieng Banjarnegara. 

Menurut Tursiman, Dieng merupakan obyek wisata yang berada di dataran tinggi. Secara administratif, dataran tinggi Dieng terletak di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara.  Dieng kerap dijuluki negeri di atas awan. Lokasinya berada di ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), sehingga sering diselimuti awan utamanya pada pagi dan malam hari. "Di kawasan Dieng Banjarnegara inilah terdapat banyak objek wisata seperti kawah, telaga, hingga agrowisata. Tak cuma wisata pegunungan, wisata Banjarnegara juga menawarkan wisata budaya dan sejarah berupa kompleks candi dan peninggalan bersejarah lainnya," kata Tursiman.

Menurut Tursiman, ada beberapa tempat wisata yang masuk Dieng bagian Banjarnegara adalah Candi Arjuna, Candi Bima, Candi Dwarawati, Museum Kailasa, dan Kawah Sikidang dan beberapa tempat lainnya.

Kabid Destinasi Pariwisata pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, Yusep Handoko mengatakan, Dieng merupakan tempat wisata Banjarnegara menarik untuk disambangi karena Dieng merupakan salah satu pegunungan yang paling terkenal. "Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Dan Dieng Banjarnegara terdapat banyak obyek wisata seperti gunung, bukit, kawah, candi, telaga, aneka kuliner, kolam pemandian air hangat, dan lainnya," katanya.

Kawasan wisata Dieng wilayah Banjarnegara juga sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Jumlah pengunjung wisata Banjarnegara pun meningkat tiap tahunnya. Ini yang membuat potensi wisata Banjarnegara makin dikembangkan.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut