Banjarnegara Bersiap Menuju Era Digitalisasi Pelayanan Publik

Syarif TM
Sekretaris daerah Banjarnegara Indarto saat melakukan tanda tangan elektronik. Foto. dok Humas Pemkab Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Demi meningkatkan pelayanan publik berbasis digital, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui Dinas Kominfo melakukan bimbingan teknik terkait tanda tangan elektronik. Kegiatan tersebut dilakukan di Sasana Bhakti Praja Banjarnegara, Selasa (14/2/2023).

Bimtek tersebut merupakan satu upaya Pemkab Banjarnegara dalam meningkatkan pelayanan publik yang lebih cepat, akurat, akuntabel dengan memanfaatkan tekhnologi, termasuk dalam tanda tangan secara elektronik.

Sekretaris Daerah Banjarnegara Indarto mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari akselerasi Pemerintah Banjarnegara di era digital. Dengan memanfaatkan tekhnologi ini akan memberikan pelayanan pada masyarakat yang  mudah, cepat, dan memangkas jalur birokrasi menjadi lebih efisien.

"Dengan sistem ini, maka akan memudahkan pelayanan bagi masyarakat, sehingga kualitas pelayanan publik di Banjarnegara menjadi lebih baik," katanya.

Menurutnya, peningkatan pelayanan berbasis digital ini menjadi bagian dari smart city. Tak hanya itu, ini juga menjadi bagian dari keamanan informasi bagi ASN di lingkungan Pemkab Banjarnegara. Sebab keamanan informasi sangat diperlukan, sehingga kerahasiaan, keutuhan, dan ketersediaan informasi tetap terjaga dan tidak mengganggu kinerja dan operasional organisasi.

 "Kami beharap, Banjarnegara dapat dengan segera menerapkan sistem elektronik ini, sehingga bisa menyusul kabupaten lain yang sudah menerapkan terlebih dahulu," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Banjarnegara, R. Riono Rahadi Prasetyo mengatakan, melalui bimtek ini diharapkan para peserta dapat memahami tata cara penggunaan tanda tangan elektronik. Tak hanya sampai di situ, peserta juga dapat mengetahui pentingnya keamanan informasi data pribadi yang melekat pada tanda tangan elektronik.

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network