Puluhan Murid TK Belajar Jinkakkan Api di Pos Induk Damkar Banjarnegara

Syarif TM
Didampingi petugas, anak-anak TK di Banjarnegara ini belajar memadamkan api di Pos Induk Damkar Banjarnegara, Jumat (17/3/2023). foto, iNewsBanjarnegara.

BANJARNEGARA, iNewsBanjarnegara.id-Puluhan murid TK mendatangi pos induk Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Banjarnegara, Jumat (17/3/2023). Didampingi guru dan orangtua, para murid TK ini belajar memadamkan api dengan cara sederhana.

Kedatangan puluhan murid TK baitunnajah Sokanandi Banjarnegara ini membuat suasana kantor induk Damkar Banjarnegara meriah, pasalnya para anak usia dini ini dikenalkan tentang tugas fungsi para personel Damkar Banjarnegara.

Tak hanya itu, mereka juga melihat langsung terkait teknik memadamkan api dengan cara sederhana, bahkan para anak usia dini ini mencoba menggunakan alat menyemprot air yang biasa digunakan untuk memadamkan api.

Kepala TK Islam Baitunnajah Sokanandi Nurjanah mengatakan, kunjungan anak didiknya ke pos Damkar induk Banjarnegara ini untuk mengenalkan profesi pada anak didik sekaligus belajar tentang teknik memadamkan api dengan alat sederhana.

"Ini merupakan bagian dari tema pembelajaran, dimana dalam tema kali ini adalah mengenalkan profesi  pemadam kebakaran, kita juga mengenalkan para murid tentang cara memadamkan api dengan baik dan benar," katanya.

Menurutnya, melalui pengenalan dan edukasi terkait pemadam kebakaran, dia berharap pada peserta didiknya mengetahui dan tahu bagaimana cara memadamkan api, tidak hanya bagi siswa tetapi juga para orangtua, sebab dalam kegiatan ini pihak sekolah juga melibatkan orangtua murid.

Dengan ini, maka diharapkan anak didik maupun orangtua siswa bisa mengenal serta memahami bagaimana cara mencegah terjadinya kebakaran dan bagaimana cara menanganinya secara sederhana.

"Biasanya, kita sering menjumpai kebocoran tabung gas dan khawatir serta panik, dengan teknik yang benar, maka hal itu bisa ditangani, sehingga musibah kebakaran bisa dicegah," katanya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Satpol PP Banjarnegara Esti Widodo melalui Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Satpol PP Banjarnegara Freyana Kusuma mengatakan, edukasi dan sosialisasi tentang pemadam kebakaran gencar dilakukan dengan menggandeng berbagai pihak.

"Kami terus melakukan sosialisasi pada masyarakat, termasuk kalangan pelajar. Penanaman dan pemahaman teknik dasar memadamkan api ini juga harus dipahami betul sebagai upaya untuk pencegahan terjadinya musibah kebakaran," katanya.

Menurutnya, sosialisasi dan edukasi pemdam kebakaran menjadi penting dilakukan sebagai satu upaya mitigasi bencana kebakaran yang kerap terjadi dilingkungan karena berbagai faktor.

"Kami berharap, apa yang disampaikan dapat bermanfaat serta dapat disosialisasikan dilingkungan masing-masing dalam upaya pengurangan resiko terjadinya bencana kebakaran," ujarnya.

Dikatakannya, materi dalam sistem pemadaman pada orangtua dan murid TK ini dikemas dengan sederhana dan menyenagkan, sehingga anak-anak merasa nyaman dan senang dalam belajar dan mengenal teknik memadamkan api secara sederhana.

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network